Hijrah 6252 Miles

Ga terasa udah hampir 4 bulan gw hijrah ke negara kulkas (baca : Finlandia). Dulu gw pikir gw ga bakal tahan sama suhu dibawah 22 derajat, secara waktu di Jakarta patokan pake AC ya bo! Masih inget dulu gw selalu sedia sweater atau jaket tebel di kantor jaga jaga kalo dingin melanda. Ga nyangka kalo ternyata gw yang tropical ini mampu bertahan di suhu -4 derajat!! Pertama gw hijrah kemari, untungnya lagi summer. Meskipun summernya aja masih lebih adem dibanding Jakarta tapi masih acceptable lah. Summer di sini suhunya sekitar 25 – 30 derajat. Pas masuk musim gugur suhu di kisaran 15 derajat, gw sempet kena demam 1 malam. Kayaknya itu cara badan gw beradaptasi sama suhu dinginnya. Kalo sekarang suhu ada di kisaran -4 sampe 2 derajat pemirsa! Plis deh, winter aja belom tapi suhu udah minus-minusan gitu! Foto-foto ini gw ambil pas summer. Bagi gw yang dari lahir tinggal di Jakarta, pemandangan yang begini tuh priceless banget! Danau yang biru n ijo dimana-mana.

Danau Kallavesi. Di tepi danau ini ada kios es krim yang bukanya cuma pas summer aja.

Setiap jalan di Finlandia pasti selalu nyediain ruang buat para pejalan kaki dan pengendara sepeda.

dh

Kalo foto ini diambil di salah satu danau yang ada di kota Iisalmi, sekitar 1 jam dari Kuopio. Iisalmi ini termasuk suburbnya Finland tapi tetep aja ya infrastrukturnya masih jauh lebih bagus dari Jakarta.

dh

Ini foto favorit gw, refleksi kota dari danau Valkeisenlampi, Kuopio.

dh

Kenapa foto-foto gw banyakan danau? Karena ada 187,888 danau di Finlandia. Yang artinya kalo dirata-ratain ada sekitar 40 danau per 100 km persegi. Sumber ada di sini.

7 Comments (+add yours?)

  1. nurisilmiyns
    Aug 20, 2015 @ 05:36:43

    Tamatttttt. . aku udah baca semua postingnya mba. . . seruuu. . keep update blog nya ya mba. . hehehee

    Like

    Reply

  2. Fauzi Amiruddin
    Jan 23, 2016 @ 08:49:10

    Kalau tinggal di eropa enak ya, bisa jalan jalan ke negara lain dengan mobil atau kereta api doang.

    Like

    Reply

Leave a Reply

November 2014
M T W T F S S
    Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
