Jakarta – Kuopio

Di Finland gw tinggal sama host family di kota Kuopio, 4 jam dari ibukota Helsinki. Bulan pertama gw nyampe sini banyak banget hal baru yang sebelumnya belum pernah gw lakuin selama tinggal di Jakarta. Berikut fakta menarik yang gw dapet selama gw tinggal di sini :

  1. Pas summer setiap orang lokal pasti selalu beraktifitas di luar. Entah itu berjemur, gardening, olahraga, main di taman de el el. Berhubung gw masih mental orang Jakarta yang anti panas panasan karena takut warna kulit (tambah) gelap, gw justru lebih banyak ngabisin waktu di dalem rumah. Ngapain juga ya bo panas panasan di bawah terik matahari, keringetan, iyuuh..!!
  2. Rata-rata orang Finland pasti gemar olahraga. Ga peduli suhu di luar mau panas kek, mau dingin kek, mau salju kek, tetep aja pada giat olahraga. Gw sampe bingung mereka dapet semangatnya darimana ya?!
  3. Sepeda adalah transportasi yang umum digunakan warga lokal. Selain mengurangi polusi, baik juga buat kesehatan. Intinya olahraga lagi olahraga lagi sih.. Sampe sampe kalo pake Google map di sini pasti ada tuh pilihan jalur buat cycling. Gw pernah nyoba sepedaan dari rumah host fam di Puustilantie ke downtown Kuopio. Kalo pake mobil biasanya cuma 25 menit. Secara terakhir gw sepedaan aja gw ga inget kapan, alhasil gw ngabisin waktu hampir 1 jam buat nyampe tujuan. Padahal estimasi waktu di Google Map cuma 36 menit. Habis itu gw kapok sepedaan lagi.
  4. Jangan heran kalo liat banyak orang berenang di danau-danau dan pantai pas summer. Orang lokal biasanya ga mau melewatkan suhu hangat yang cuma dateng beberapa bulan aja dalam setahun dengan tidak nyebur ke danau ataupun pantai. Ngomong-ngomong soal pantai, di Finlandia ga ada tuh pantai yang ada ombaknya kaya di Indonesia. Semua pantai yang gw datengin di Kuopio kalo diliat-liat penampakannya mirip kaya danau karena ga ada ombak sama sekali.
  5. Semua mobil pribadi di Finland pasti dilengkapi seat heater. Fungsinya untuk menghangatkan jok mobil pas cuaca lagi dingin. Dan serius ini berguna banget di musim gugur kaya sekarang pas suhu mulai turun. Sayangnya seat heater cuma buat jok bagian depan aja. Jadi jangan pernah mau duduk di jok belakang kecuali pas summer, paham! *ketawa nyinyir*
  6. Jangan pernah abaikan rambu batas kecepatan di jalan raya karena banyak ditebar kamera pengintai (ceilaah..) di pinggir jalan. Kalo ada mobil yang melebihi batas kecepatan, surat tilang bakal dikirim ke alamat si pemilik mobil berdasarkan gambar yang diambil sama kamera tersebut. Akibatnya? Ga tau juga sih…belum pernah nyoba. Kalo kalian mau coba boleh dishare di sini hasilnya.
  7. Kios kecil macam restoran pizza atau kios es krim cuma dijaga satu orang aja. Kalo kios es krim sih ga masalah ya… tapi pas gw ke restoran pizza – namanya gw lupa – di daerah sekitar danau Valkeisenlampi, cuma ada satu orang cewek yang bertugas terima order, bikin pizza sekaligus kasir. Luar biasa!
  8. Nightlife di Kuopio masih kalah jauh dibanding Jakarta. Di sini banyakan orang bakal ngabisin waktu di bar, ngebir. Kalo night club biasanya cuma dikunjungin sama abege-abege dan jumlahnya pun cuma dikit dan ga se-happening nightclubs di Jakarta 😦

Sebenernya masih banyak sih fakta lainnya yang kalo ditulis di sini bisa ngabisin waktu setahuan buat ngetik (lebay).

Sedangkan untuk tourist attraction di Kuopio yang gw datengin diantaranya :

1. Menara Puijonlaakso. Foto diambil dari atas menara dengan modus landscape.

2. Hutan di sekitar menara Puijonlaakso. Ga yakin sih kalo hutan sebutan yang tepat atau gak, karena hutan-hutan di sini ga kaya hutan di Indonesia yang ngebayanginnya aja udah horor.

3. Downtown Kuopio. Di sini ada pasar yang cuma buka dari pagi sampe tengah hari aja.

4. Canal cruise di Saaristokaupunki pake kapal M/S Koski. Berhubung gw ga ambil foto pas naik kapal ini, kalian bisa liat detail di webnya langsung di sini. Lama cruise 1,5 jam.

1 Comment (+add yours?)

  1. Trackback: Musim Gugur Rasa Musim Dingin di Finlandia | Cerita Diah

Leave a Reply

November 2014
M T W T F S S
    Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
