Selamat Jalan Musim Dingin, Selamat Datang Musim Semi

Musim dingin akhirnya berakhir, yayy… Belum resmi sih karena bulan Maret seharusnya masih masa musim dingin yang gelap tanpa matahari. Tapi tahun ini matahari muncul lebih awal, dari awal Maret sudah mulai nongol meskipun masih jarang-jarang. Bahagia banget pas pertama lihat langit kembali biru karena matahari kembali muncul, suhu yang masih minus pun jadi berasa “hangat” kalo berdiri di bawah matahari.

Orang-orang mulai banyak terlihat di jalan atau di downtown. Anak-anak dan para orang tua mulai kembali menuhin taman-taman bermain. Salju udah mulai mencair dan di jalan utama udah bersih dari salju, beneran kali ini bisa lihat tanah dan aspal tanpa salju rasanya bahagia bangeeett!

Selama musim dingin tahun ini, suhu terdingin di Kuopio pada siang hari adalah -19.6 derajat! Jangan bayangin dinginnya kaya apa. Masih inget waktu harus antar host brother ke päiväkoti atau daycare di suhu yang -19.6 derajat. Jarak rumah host family ke päiväkoti itu sekitar 15 menit jalan kaki. 5 Menit pertama dinginnya masih tolerable, begitu masuk menit ke 6 sampai 15 lama-lama dinginnya berasa masuk nembus ke kaki gw ngelewatin jeans, longjohn dan boots yang gw pake, trus nembus ngelewatin 2 lapisan sarung tangan yang gw pake dan langsung nusuk muka gw yang ga ketutup apa-apa. Dan berita bagusnya adalah gw mampu bertahan di suhu yang seekstrim itu. Bangga.

Ini foto-foto saat suhu lagi ektrim.

DSC_1874

DSC_2086

Hal baik lainnya adalah munculnya aurora borealis yang terang banget sampe-sampe gw bisa lihat dari area downtown yang terang dan banyak lampu jalan. Kalo kata Wikipedia Aurora adalah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari (angin surya). Singkatnya, auroral borealis adalah cahaya kehijauan yang muncul di langit. Lokasi kemunculan hanya ada di bagian bumi sebelah utara dan biasanya muncul di saat musim dingin.

Ini foto aurora borealis yang sempet muncul di area downtown, gambar aslinya jauh lebih terang dan indaaah banget.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

March 2015
M T W T F S S
« Dec   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d bloggers like this: