Stockholm, Balada Liburan Dadakan (Part 3)

Day 3

Di hari ketiga ini destinasi wisata gw dan Janne ada 2 : the famous Vasa Museum dan Rice Asian Restaurant & Bar! Sebenernya ada beberapa open air museum yang tadinya niat mau didatengin. Tapi berhubung masih winter – meskipun gak sedingin di Finland – tetep aja gw males kalo mesti lama-lama di luar. Maklum, saya dari negeri tropis yang kalo kedinginan bawaannya masuk angin terus *malu*

Vasa merupakan nama salah satu kapal perang kebanggaan Swedia yang dibuat pada tahun 1626 sampai 1628 atas perintah Raja Gustav II Adolf dengan berat 1210 ton, panjang 69 m dan tinggi 52,5 m. Menariknya Vasa tenggelam pada pelayaran pertamanya di tahun 1628 setelah berlayar sejauh hampir 1,3 km aja karena ketidakstabilan kapal. Dengan kapal yang sebesar itu, ukuran lambung kapal terlalu kecil dengan kurangnya pemberat sementara struktur bagian atas kapal terlalu berat.

Sejak tenggelamnya Vasa, kapal tersebut baru diangkat kembali ke permukaan dari dasar laut setelah 333 tahun, yaitu pada tahun 1961! Vasa Museum sendiri resmi dibuka pada tahun 1990. Harga tiket masuk dewasa adalah 130 kroner dan gratis untuk anak-anak dan remaja sampai umur 18 tahun.

Model Kapal Vasa

Ukiran kapal

Ukiran pada badan kapal

Berhubung pencahayaan museum yang remang-remang ditambah kamera yang pas-pasan jadi kebanyakan foto yang gw ambil hasilnya blurry. Ini foto yang gw ambil dari google:

Image copyright of galleryhip.com

Image copyright of modelships.de

Dari Vasa Museum di Galärvarvsvägen kita langsung menuju Östermalm demi nyobain buffetnya Rice Asian Restaurant & Bar rekomendasi dari Trip Advisor. Untuk harga menurut gw mahal, sekitar 160 kroner per orang. Tapi begitu nyobain masakannya harga segitu sebanding lah. Mulai dari sushi, miso soup, main menu sampai dessert semuanya enyaak! Dari semua asian buffet restoran yang gw pernah datengin restoran ini gw kasi nilai 8.5 dari 10. Untuk alamat lengkap atau reviewnya bisa diliat langsung di webnya Trip Advisor. Dan berhubung pas disana gw sibuk bolak balik buffet ambil makanan jadi sampai ga inget buat foto deh, maafkeun yak 😀

Hampir lupa, di malam terakhir ini kita pindah hotel lagi loh. Akibat sempitnya kabin di hotel kapal Rygerfjord gw keukeuh untuk pindah hotel. Tadinya Janne mau nginep disitu sampai malam terakhir biar ga pindah-pindah ceritanya. Tapi nasib wanita, kalau berdebat sama lelaki harus menang terus, ya kan… Mungkin karena bete denger gw ngeluh terus masalah hotel akhirnya Janne langsung booking HTL Hotel Kungsgatan yang lokasinya greget banget. Di tengah-tengah shopping area, tempat makan dan nightclubs yang terkenal di Stockholm. Dari segi harga, hotel ini cukup affordable. Dengan harga mulai dari 80 euro-an per malem udah bisa nginep di hotel boutique yang lokasinya top.

Day 4 – hari terakhir

Ga banyak aktivitas di hari terakhir ini. Berhubung badan udah pegel-pegel akibat banyak jalan kaki 3 hari terakhir jadi  kita cuma jalan-jalan muterin area Kungsgatan aja. Yang bikin takjub di sini buanyaak banget showroom H&M. Hampir di setiap sudut pasti ada, kadang malah berhadap-hadapan. Serius! Bagi pecinta H&M pasti berasa surga banget kalo kesini.

Salah satu sudut di Kungsgatan area

Satu lagi yang gw temuin hasil jalan-jalan hari ini :

Sevel alias Seven Eleven

Ga ada anak-anak muda yang nongkrong di Sevel, di Stockholm sevel ga lebih dari supermarket. Beda dengan Jakarta yang Sevelnya multifungsi; sebagai supermarket dan tempat nongkrong.

Dan ini foto-foto terakhir sebelum kita naik kereta kembali ke Arlanda Airport :

Stockholm Central Station

Pose di depan Stockholm Central Station dengan background Karla Church

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

March 2015
M T W T F S S
« Dec   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d bloggers like this: