Studi Di Finlandia

Banyak yang pingin tau tahapan dan tata cara pendaftaran untuk kuliah di Finlandia. Buat yang belum tau, biasanya mereka akan ngira kalo untuk bisa studi di Finlandia itu tahapannya sulit. Padahal ga kaya yang orang-orang bayangin. Sebaliknya, justru tahapannya bisa dibilang gampang banget dan simple apalagi kalo dibandingin sama sistem di Indonesia. Dan yang paling penting biaya kuliah di finlandia itu rata-rata gratis..tiss…

Sebenernya panduan lengkap bisa dibaca di studyinfinland.fi tapi berhubung gw baik hati dan tidak sombong *kibas rambut* jadi di post gw ini akan gw jabarin satu-satu tahapannya.

  1. Untuk bisa daftar di universitas pilihan, syarat yang pertama adalah ada ijasah. Yaeyalah gimana mau daftar kalo ijasah aja belum ada.
  2. Berhubung rata-rata bahasa pengantar di universitas pake bahasa finlandia, dan gw yakin banget kalo di Indonesia jaraaaang banget yang bisa bahasa finlandia jadi pilihan satu-satunya adalah cari study programme yang bahasa pengantarnya pake bahasa inggris. Nah untuk itu, dibutuhkan score TOEFL minimal 550 paper based test atau 80 untuk intenet based test (ibt). Yang dimaksud ibt di sini bukan test TOEFL instant gratisan yang banyak bertebaran di internet ya. Untuk info testnya bisa diintip di sini. Selain TOEFL biasanya ada beberapa test yang diterima oleh universitas, tiap uni punya daftar test yang berbeda-beda.
  3. Pilih universitas dengan bahasa pengantar bahasa inggris berdasarkan bidang studi/nama universitas/bahasa pengantar di study programme database. Di halaman hasil pencarian akan muncul daftar uni beserta nama programme yang bisa kamu pilih.
  4. Setelah dapet uni yang kamu cari, pantau terus kapan pendaftaran dibuka melalui situs resminya. Pendaftaran biasanya dibuka pada awal tahun, mulai bulan Januari.
  5. Pendaftaran bisa dilakukan secara online melaui situs StudyInfo. Berikut screenshot formulir pendaftarannya : Joint Application Form1
  6. Pada poin ke-3 kamu bisa isi dengan maksimum 6 pilihan uni serta jurusan yang mau diambil, berikut screenshotnya :  Joint Application Form2
  7. Perlu diketahui untuk pengisian daftar pilihan uni harus berdasarkan prioritas yaa.. Jadi misal target utama adalah University of Helsinki, maka pilihan utama itu harus ditaro di list nomor 1. Kemudian pilihan selanjutnya pada poin ke-2, begitu terus sampai list ke 6.
  8. Setelah form online disubmit, langkah selanjutnya adalah kirim dokumen asli seperti ijasah dan transkrip nilai yang sudah ditranslate ke bahasa inggris oleh penerjemah tersumpah dan bukti kemampuan bahasa inggris asli ke universitas pilihan paling pertama melalui pos. Pengiriman melalui email tidak akan diterima. Untuk dokumen ini kita ga perlu kirim ke semua uni pilihan, karena uni tujuan utama kita yang ada di baris paling pertama yang akan mendistribusikan dokumen ke uni pilihan yang ada pada daftar no.2 dan seterusnya.
  9. Selanjutnya adalah menunggu keputusan uni. Apabila kita memenuhi persyaratan pendaftaran, biasanya udah pasti kita akan diundang untuk ikut test ujian masuk. Kalaupun kita gak memenuhi kriteria, kita akan tetap menerima pemberitahuan dari semua uni yang udah kita daftar. Karena gw tinggal di finlandia, gw terima pemberitahuan melalui pos dari uni pilihan pertama dan untuk pilihan ke-2 sampai ke-6 pemberitahuan dikirim melalui email. Untuk yang berdomisili diluar finlandia gw gatau deh bakal terima melalui pos juga atau hanya email.
  10. Untuk lokasi testnya sendiri buat yang tinggal di Indonesia bisa ambil yang diadain di Vietnam.

Daftar udah, test ujian masuk juga udah, terus mau ngapain lagi? Ya kalo udah semua berdoa aja supaya kamu lolos test ujian masuk. Kalo udah lolos baru bisa ajuin residence permit untuk student. Syarat pengajuan residence permit, biaya dan lama proses bisa dibaca di situs migri.fi.

Pemerintah finlandia tidak memberikan bantuan keuangan kepada pelajar asing yang tujuan utamanya datang ke finlandia untuk studi. Namun ada pengecualian untuk pemegang Permanent Residence Permit Finlandia atau untuk pelajar asing yang tujuan utama berada di finlandia adalah selain untuk studi, misal untuk bekerja atau pindah dengan keluarga. Info lengkap mengenai bantuan pemerintah untuk pelajar bisa dibaca di situs kela.fi. Meskipun begitu, setiap pelajar di finlandia akan mendapat subsidi untuk biaya tiket bus dan diskon pelajar di beberapa restoran.

Untuk biaya hidup di finlandia kira-kira tiga kalinya biaya hidup di Jakarta. Perbandingan biaya hidup bisa diintip di sini.

Sekian informasi yang bisa gw sampaikan, moga post ini bisa membantu yaa…biar makin banyak orang Indonesia yang belajar ke Finlandia. Nähdään taas!

Advertisements

32 Comments (+add yours?)

  1. catherine
    Sep 07, 2015 @ 05:50:38

    Kakakk,
    tinggal nya di finlandia ya ?
    kuliah atau kerja di sana ??
    boleh minta kontak yang bisa di hubungi gak kak?
    tanya info-info seputar sana..>.<"
    pengen kuliah ke sana soal ny, hehee..

    Like

    Reply

  2. catherine
    Sep 07, 2015 @ 06:14:29

    Astaga,
    maaf kak diah.. langsung koment sebelum cek blog ny kakakk,..TT
    soal nya saya uda tertarik banget sama ini negara,, hahaha..xD

    Like

    Reply

  3. Riki Kurniawan
    Oct 01, 2015 @ 04:41:01

    Ka mau tanya kalau lulusan SMK bisa ga masuk s1 ke finlandia ?

    Like

    Reply

    • Diah
      Oct 01, 2015 @ 20:23:43

      Hi Riki, pertama disini gak ada jenjang setara S1, lulusan university disini adalah bergelar master atau setara dengan S2 di Indo. Dan untuk menuju gelar tersebut, student harus lulus Bachelor Degree dulu atau setara D3, jadi jawabannya lulusan SMK/SMA gak bisa langsung lompat ke Master programme

      Like

      Reply

  4. Riki Kurniawan
    Oct 02, 2015 @ 00:15:00

    Ohh gitu ya, Tp tetep bisa masuk Bachelor Degree walaupun lulusannya smk?

    Like

    Reply

  5. Riki Kurniawan
    Oct 03, 2015 @ 00:56:20

    Thanks infonya ka… Tapi kayanya aku sarjananya di indo dulu, soalnya buat biaya izin tinggal di finland itu harus punya uang 6720 euro, aku ga punya uang sebanyak itu, kalo minta ke ortu kasian dan banyak banget ka yang ingin ditanya buat belajar disana, mulai dari pendaftaran hingga akomodas. 4 hari yang lalu juga aku dapet buku panduan buat belajar kesana di PPI Finland tapi tetep banyak banget yg mau ditanyain. Kalau nanti saya udah lulus terus pengen daftar master degree programme disana tolong bantuannya ya ka 😀 Maaf ya ka kalo ngerepotin :3

    Like

    Reply

  6. Mochamad Restu Fauzy
    Nov 24, 2015 @ 15:43:58

    Kak Diah,

    Pendaftar berhak untuk memilih sampai dengan 6 universitas dan jurusan yang berbeda, apakah pendaftar perlu memenuhi seluruh persyaratan dari setiap universitas yang berbeda atau hanya perlu memenuhi persyaratan dari universitas pilihan pertama saja?

    Like

    Reply

    • Diah
      Nov 26, 2015 @ 05:38:24

      Hai Restu,

      Syarat umum untuk untuk pendaftar pada setiap universitas sama kok, jadi kalo memenuhi persyaratan dari satu univ udah pasti memenuhi syarat utk univ lainnya

      Like

      Reply

      • Mochamad Restu Fauzy
        Dec 01, 2015 @ 04:46:01

        Aha…

        Permasalahannya adalah pilihan pertamaku hanya mensyaratkan tes SAT, tetapi pilihan yang lainnya cukup beragam, ada yang mensyaratkan TOEFL atau bahkan Ujian Masuk Universitas. Sebaiknya bagaimana ya?
        Apakah kakak mempunyai teman dari Indonesia yang berkuliah di Aalto University?

        Oia, di Application Form ada essaynya tidak?

        Terima kasih atas waktu dan perhatiannya! 🙂

        Like

      • Diah
        Dec 07, 2015 @ 17:43:51

        Halo Restu, apabila ada perbedaan persyaratan tentunya harus dipenuhi semua, aku pada saat mendaftar soalnya gak ada perbedaan dari pilihan universitas dan jurusannya 😛 Aku ga ada temen yang kuliah di Aalto atau di Helsinki, mungkin bisa kontak PPI Finlandia kalo mau cari tau. Pada form pendaftaran gak ada essay, isi form dapat dilihat pada foto diatas yang sudah aku upload.

        Like

  7. Taufiqurrahman Pamungkas
    Jan 03, 2016 @ 08:52:48

    Ka.. Apa benar untuk izin tinggal di Finlandia harus menyiapkan 6720 euro ?

    Like

    Reply

  8. Maria
    Jan 20, 2016 @ 03:47:13

    Hai Diah salam kenal nih. Boleh minta wkt nya sbntr unt tanya2 soal Kuliah di Finlandia. Kl boleh tau brp no WA yg bisa di hubungi. Thx

    Like

    Reply

  9. Im
    Feb 11, 2016 @ 09:58:56

    Hai kak , mau nanya nanya ini soal kuliah di finlandia , udah aku cari emailnya tapi nggak ketemu , boleh minta sosmed lainnya kak

    Like

    Reply

  10. tuty saragih
    Apr 04, 2016 @ 06:32:03

    mba saya bermaksud ingin kuliah S3 dan bekerja sekaligus ingin membawa anak. apa yang harus saya lakukan untuk hal seperti itu ?

    Like

    Reply

  11. kingston284
    Apr 22, 2016 @ 07:25:33

    kak..kalau kita nggak bayar jaminan finansial sebesar 6720 euro gimana ?

    Like

    Reply

  12. maiza
    Sep 14, 2016 @ 05:39:36

    Hai mbak diah…. senang banget ni dapat info tentang study di finland…andai mbak diah punya wa akan mudah bagi sy u menanyakan pertanyaan.. cause pertanyaan sy banyak.. hehehe… mbak diah untuk awalnya sy mau tau jika saya bawa anak yang sedang sekolah di indosesia bisakah sekolahnya berpindah ke finland, jk bs bgm prosesnya.. apakah sy dapat mencari beasiswa untuk anak sy jg..yg tingkat SMA.. trimks ats waktunya ya mbak diah..

    Like

    Reply

  13. Erni
    Sep 26, 2016 @ 02:18:47

    Hallo kk.. stelah baca post.x kk sya jdi trarik pengen tahu bnyak tentang seputar university di findland.. klw boleh bagi kontak emailx dong kk 😊😊🙆.. biar bisa nanya2 ma kk…..Alx pengen kliah lagi tapi gk dlam negri…. spertix findland tmpat yg bgus bwt lnjutin study.

    Like

    Reply

  14. Namira
    Oct 06, 2016 @ 10:41:42

    Halo mbak diah.. ingin bertanya untuk test uni materi / pelajaran apa saja yang akan diujikan? Terima kasih

    Like

    Reply

  15. hendrickhoo
    Oct 13, 2016 @ 15:25:27

    hallo, salam kenal ya. aku kmron sempat liburan ke finland 2 bulan.
    ni rencana mau lanjut kuliah di finland. tapi bukan lewat jalur beasiswa.
    ada contat yang bisa dihubungi kak? saya remcana desember ke finland lagi, buat ngurus2 kuliah. tp masih buta nih.

    Like

    Reply

  16. saidil
    Oct 29, 2016 @ 11:00:39

    kak, klao ijazah belum keluar, gak ada cara lain untuk daftar?

    Like

    Reply

    • Diah
      Nov 05, 2016 @ 11:22:45

      untuk daftar gak perlu ijasah, tapi setelah isi form pendaftaran akan ada tenggang waktu dimana kamu harus kirim copy ijasah ke universitas pilihan kamu

      Like

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

March 2015
M T W T F S S
« Dec   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d bloggers like this: