Sebuah Perayaan Pernikahan Yang Sederhana di Finlandia

Buat yang sudah menanti-nanti review dari vendor pernikahan gw di Jakarta, maafkeun ya karena kesibukan pindah rumah dan renovasi jadi baru sekarang sempet tulis field report. Tapi sebelumnya gw mau bahas dulu pernikahan ala Finlandia yang digelar sehabis peresmian pernikahan gw dan Janne di Local Register Office Kuopio tanggal 14 April 2015. Hasil review akan ditulis pada post selanjutnya.

Perayaan pesta pernikahan disini bisa dibilang amat sangat sederhana bila dibandingkan dengan di Indonesia. Jumlah tamu undangan saat itu hanya 18 orang yang terdiri dari keluarga dan teman dekat aja. Acara dimulai dengan wedding speech dari kedua mempelai, kemudian diikuti dengan speech dari orang tua/keluarga mempelai dan diakhiri dengan wine toast. Setelah itu para tamu dipersilakan duduk untuk selanjutnya dihidangkan kopi dan kue-kue basah istilah Indonesianya 😀 Dannn….tibalah saat potong kue. Namun sebelum prosesi potong kue, para tamu dipersilakan untuk melihat-lihat ruangan yang dipakai sebagai perayaan (waktu itu perayaan diadakan di salah satu restoran rekomendasi Trip Advisor) dan pasangan pengantin akan berjalan-jalan juga dan mulai ngobrol dengan para tamu.

Di Finlandia ada sebuah kebiasaan dimana salah satu dari pasangan pengantin yang lebih dulu menginjakkan kaki ke bumi pada saat mereka mulai memotong kue nantinya akan menjadi kepala rumah tangga. Pada prakteknya sih pasangan gak selalu mengikuti aturan tersebut.

Sesi terakhir setelah proses potong kue dan hidangan penutup adalah dansa. Nah yang ini adalah proses yang paling bikin gw grogi bin gugup secara latihan pun gak pernah dan tiba-tiba harus dansa didepan banyak orang. Jenis tarian biasanya waltz atau ballroom.

Tapi satu yang bisa dibanggakan dari prosesi pernikahan yang sederhana ini adalah acara yang berlangsung khidmat dan terasa lebih emosional terutama padaa saat gw mulai menyampaikan wedding speech untuk Janne. Baru juga baca paragraf pembuka air mata gw udah banjir, bendungan jebol bok! Jadilah session tersebut acara termewek-mewek karena beberapa tamu wanita pun ikut terharu.

Diah ja Janne häät 8.4.2015 109 (13)

Pada saat peresmian pernikahan di Local Register Office Kuopio

Diah ja Janne häät 8.4.2015 109 (14)

Diah ja Janne häät 8.4.2015 109 (18)

Diah ja Janne häät 8.4.2015 109 (27)

Diah ja Janne häät 8.4.2015 109 (30)

Diah ja Janne häät 8.4.2015 109 (34)

“Buat yang pernah mengalami perayaan pernikahan khas negara lain boleh dong dishare di sini. Pastinya perayaan di setiap negara punya ciri khas masing-masing yang membuat perayaan tersebut menarik”

Advertisements

6 Comments (+add yours?)

  1. tuuliannabel
    Jul 06, 2015 @ 10:12:02

    Yeay!
    I was there!

    Like

    Reply

  2. dede
    Jan 05, 2016 @ 04:14:51

    Suaminya ganteng mbak, semoga langgeng pernikahannya !

    Like

    Reply

  3. Sandra
    Nov 11, 2016 @ 06:49:18

    Hai Mbak saya nikah sama pribumi sih tapi pola pikir suami antimainstream, kita nikah sederhana, setelah akad nikah ya makan-makan aja di rumah sama keluarga, simpel kaya nikahan orang di luar negeri hehe tapi syukurlah nikah tanpa hutang yang penting honeymoon berulang-ulang. Sukses dan bahagia selalu Mbak di Finland, seneng deh baca blognya 😉

    Like

    Reply

    • Diah
      Dec 16, 2016 @ 16:31:40

      Aihh senangnya bisa honeymoon berulang-ulang… langgengnya pernikahan memang gak ditentukan sama besarnya pesta pernikahan ya, aku juga gak rela kalo bermewah-mewah buat pesta. Balik modal juga belum tentu hahaa *lho* *curcol*

      Like

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

July 2015
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
%d bloggers like this: