Nyamannya Kehidupan Anjing Peliharaan di Finlandia

Anjing memang dikenal sebagai sahabat manusia. Bukan hanya ungkapan belaka, hal ini juga telah dibuktikan oleh para peneliti berdasarkan situs National Geographic Indonesia. Sayangnya pada beberapa daerah di Indonesia, masih banyak terdapat masyarakat awam yang menganggap bahwa anjing adalah hewan yang menakutkan serta membahayakan. Di Jakarta bahkan tidak sedikitt orang yang memelihara anjing hanya untuk menjaga rumah mereka dan menakuti pencuri dengan memasang tulisan “Awas Anjing Galak” di depan gerbang rumahnya. Dampak dari hal ini yaitu secara tidak sadar dapat membentuk cara pandang masyarakat yang belum pernah berinteraksi langsung dengan anjing dengan menganggap mereka merupakan hewan yang menakutkan.

Di masa kecil gw selalu beranggapan bahwa anjing hanya baik terhadap pemiliknya saja. Terlebih ketika kakak laki-laki gw pernah mengalami digigit oleh seekor anjing peliharaan milik tetangga kami. Kejadian tersebut bikin gw tambah menjauh dari hewan yang satu ini. Ketika dewasa gw baru mulai mencoba berinteraksi dengan anjing ketika ada kesempatan, meskipun masih belum bisa menghilangkan rasa takut dan cara pandang bahwa fungsi mereka adalah sebagai penjaga rumah.

Pindah ke Finlandia gw mulai merubah cara pandang ini setelah melihat cara pemilik anjing memperlakukan hewan peliharannya tersebut dan bagaimana para anjing lebih terlihat bahagia dan ramah dari anjing-anjing yang gw temui sebelumnya. Ditambah setelah bertemu Ruusu, seekor Border Terrier milik Janne yang saat ini sudah berumur 11 tahun. Dalam bahasa Indonesia, Ruusu berarti bunga mawar dan seperti namanya, Ruusu adalah anjing cantik nan manis.

Pada salah satu post gw pernah bahas bahwa masyarakat sini akan mengajak anjingnya jalan-jalan di ruang terbuka 3 kali sehari gak peduli cuaca diluar panas, hujan maupun bersalju. Dedikasinya tinggi ya bok!

DSC_2217

Saat mengajak Ruusu berjalan-jalan di awal musim semi, kami berdiri di atas danau Valkeisenlampi yang masih membeku

WP_20150704_11_04_30_Pro

Suatu hari di musim panas

Kegiatan berjalan-jalan inilah yang digunakan oleh si anjing untuk pipis dan pup. Ketika seekor anjing pup di pinggir jalan, pemiliknya akan mengambil kotoran tersebut dengan plastik yang sudah dibawa dari rumah untuk kemudian dibuang di tempat sampah. Bukan itu aja, mereka juga memperlakukan binatang peliharannya ini dengan penuh kasih seperti bagian dari keluarga sendiri. Pemilik anjing akan menyediakan tempat tidur khusus untuk hewan tersebut. Dan bukan cuma sekedar memelihara, mereka juga akan mengajak anjingnya bermain. Mereka bahkan akan memberikan kado kepada binatang peliharaannya pada saat malam natal. Para anjing peliharaan ini juga akan mengunjungi salon hewan untuk potong rambut. Khusus untuk Ruusu, Janne sudah berhenti membawanya ke salon hewan karena Ruusu akan ketakutan dan gemetaran setiap rambutnya di trim. Solusinya kami mentrim rambut Ruusu sendiri di rumah.

WP_20150407_21_23_03_Pro

Ruusu di atas kasurnya

WP_20150705_14_22_36_Pro

WP_20150705_14_26_55_Moment

Tanggal 12 Mei kemarin Ruusu genap berusia 11 tahun dan kami menghadiahinya sebuah kado berisi snack untuk anjing.

InstagramCapture_9260df52-311b-4398-b3d2-84e2d761aef9

WP_20150510_10_47_23_Moment(2)

Ada beberapa kebiasaan unik dari Ruusu, seperti dia akan menunggu dengan sabar saat kami sedang makan dan berharap mendapat sisa makanan dari kami. Biasanya pada saat sarapan, kami akan menyisihkan sedikit keju atau ham dari sandwich kami untuk Ruusu. Dan menyisihkan sedikit daging untuk diberikan ke Ruusu pada makan siang dan makan malam kami. Dan kadang pada malam hari Ruusu akan pindah ke atas ranjang kami, dan membangunkan kami pada pagi hari. Kebiasaan unik lainnya yaitu kalo Ruusu perlu keluar untuk buang air, dia akan mencakar-cakar pintu toilet untuk memberitahu kami.

WP_20150705_14_23_31_Pro

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

July 2015
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
%d bloggers like this: