Budaya Sauna di Finlandia

Sauna sudah menjadi bagian dari kebudayaan orang Finlandia sejak jaman dahulu kala. Malah menurut Wikipedia budaya ini mulai berkembang sejak abad ke-16. Saat ini sauna sudah menjadi kebutuhan pokok orang Finlandia, dimana biasanya dapat ditemukan dalam rumah-rumah pribadi, gedung apartemen bahkan di kolam renang umum. Sepertinya budaya ini dipengaruhi oleh suhu rata-rata yang dingin sepanjang tahun. Meskipun nyatanya sauna tidak hanya populer saat musim dingin saja, sauna juga populer selama musim panas.

Biasanya sauna terletak di dalam kamar mandi dimana terdapat shower serta ruang ganti. Ruangan sauna terbuat dari kayu dan dilapisi dengan insulator untuk menyimpan hawa panas agar tetap berada di dalam ruangan. Pada beberapa kabin musim panas yang terletak dekat danau, sauna berada pada bangunan terpisah dari kabin utama dan mendekati danau sehingga setelah keluar dari sauna penghuni dapat berenang di danau. Pada musim dingin beberapa orang akan membuat lubang pada danau yang membeku untuk berendam sehabis sauna! Temperatur ideal untuk melakukan sauna adalah sekitar 80 – 110 derajat celcius.

WP_20150716_12_57_47_Pro

Yang menjadikan ritual sauna di Finlandia ini unik yaitu sauna dilakukan tanpa mengenakan busana. Pada grup dengan jumlah orang yang cukup banyak, sauna mungkin dilakukan terpisah antara laki-laki dan perempuan. Namun pada grup dengan jumlah orang yang sedikit merupakan hal umum jika sauna dilakukan bersama-sama antara laki-laki dan perempuan tanpa mengenakan busana apapun alias telanjang. Ini awkward banget ga sih, secara biasanya telanjang itu erat kaitannya dengan erotis. Tapi sepertinya ini gak berlaku bagi orang Finlandia yang menganggap berada di dalam ruangan sauna bersama lawan jenis tanpa mengenakan busana bukanlah sesuatu yang erotis sama sekali.

Pengalaman sauna pertama gw di Finlandia dimulai tahun 2014 lalu saat berkunjung ke rumah temannya host family. Gw pergi sauna hanya berdua dengan istri dari empunya rumah. Merasa aneh dan risih pastinya berada di sana tanpa busana dengan orang yang baru aja bertemu, meskipun sama-sama wanita.

Terdapat beberapa jenis sauna di Finlandia yaitu :

1. Savusana (smoke sauna)

Photo by Matti Paavola

Dipercaya sebagai sauna yang digunakan oleh nenek moyang karena tidak memerlukan cerobong asap dalam penggunaannya. Pada sauna jenis ini kayu dibakar pada tungku besar sampai asapnya memenuhi ruangan. Setelah ruangan cukup panas, api dimatikan dan asap dibiarkan keluar. Sisa hawa panas dalam ruangan tersebutlah yang digunakan untuk sauna.

2. Wood Stove Sauna

Umumnya terdapat pada area diluar dari pusat kota. Pada sauna jenis ini kayu dibakar pada tungku yang terbuat dari metal dengan batu-batu diatasnya. Terdapat cerobong asap yang terhubung pada tungku sauna jenis ini. Selama melakukan sauna, kita dapat menyiram batu-batu panas yang berada di atas tungku tersebut dengan air sehingga menghasilkan uap panas atau löyly dalam bahasa Finlandia.

3. Electric Sauna

Photo by IKI-Kiuas Oy

Sesuai dengan namanya, tidak diperlukan kayu bakar untuk sauna jenis ini, hanya diperlukan tungku listrik. Sauna elektrik biasanya terdapat pada perumahan yang berada di pusat kota. Sauna jenis ini biasanya digunakan juga pada sauna-sauna untuk umum karena lebih praktis. Cara menggunakan tungku listrik ini sangat mudah hanya dengan memutar knob timer dan tingkat kepanasan yang diinginkan. Terdapat batu-batu juga diatas tungku listrik untuk menghasilkan löyly.

4. Mobile Sauna

Merupakan sauna yang dibangun diatas mobil, truk trailer dan beberapa kendaraan lainnya. Umumnya dimiliki oleh organisasi pemuda namun terdapat juga beberapa rental mobil sauna di Finlandia.

Setelah mengenal jenis-jenis sauna di Finlandia, sekarang akan gw jelaskan tahapan melakukan sauna ala Finlandia bagi pemula 😛

  1. Nyalakan tungku dan tunggu sampai ruangan sauna mencapai suhu yang diinginkan
  2. Pastikan tidak ada satu pakaian pun yang menempel 
  3. Basahi badan dan rambut
  4. Masuk ke dalam ruangan sauna, pilih tempat duduk. Semakin tinggi tempat duduk maka kita akan menerima semakin banyak uap panas
  5. Siram batu-batu panas di atas tungku dengan air untuk menghasilkan uap panas. Sebagai tambahan kita dapat mencampurkan sauna oil ke dalam air yang akan disiram untuk menghasilkan aromatherapy pada uap panas yang timbul                            
  6. Minumlah banyak cairan mengingat kita akan mengeluarkan banyak keringat selama sauna, biasanya orang Finlandia akan membawa minuman ke dalam ruangan sauna
  7. Ketika suhu tubuh sudah terlalu panas, kita dapat beristirahat sebentar. Hal umum yang dilakukan apabila terdapat danau dekat sauna adalah untuk pergi berenang, baik di musim panas maupun musim dingin
  8. Kembali lagi ke dalam sauna dan ulangi poin no. 5 – 7
  9. Akhiri sauna dengan mandi

Biasanya orang Finlandia akan melakukan sauna setidaknya 1 kali dalam seminggu dan beberapa kali dalam seminggu pada musim dingin. Lama ritual sauna biasanya sekitar 20 menit secara keseluruhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

July 2015
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
%d bloggers like this: