Liburan Musim Panas di Rauhalahti Holiday Home

Musim panasnya orang Finlandia gak afdol tanpa liburan ke kesämökki atau kabin musim panas. Umumnya kesämökki milik pribadi terletak di luar kota, di tengah-tengah hutan jauh dari hiruk pikuk dan jalan raya. Gak mau ketinggalan, musim panas kali ini gw juga ikutan berlibur di tengah hutan bareng Janne dan para krucil. Sebenernya dari mulai awal tahun Janne udah bikin rencana untuk liburan ke kesämökki milik keluarganya yang terletak sekitar 300 km dari Kuopio. Tapiiii…berhubung ini negara kulkas yang suhu rata-rata di musim panas tetep dingin More

Kisah Pertemuan dan Perjalanan Satu Tahun

Ceritanya tanggal 25 Juli kemarin gw dan Janne habis merayakan satu tahunnya bertemu. Mumpung masih hangat gw akan menulis kisah perjalanan cinta gw dan Janne disini. Singkat banget ga sih, baru juga setahun bertemu tapi udah 5 bulan jadi suami-istri. Bener, 5 bulan!! Dilamar 4 bulan setelah bertemu dan nikah 3 bulan setelahnya. Wow. Padahal setahun yang lalu pacar aja belum punya *buka aib*, ga ada ekspektasi mendapatkan jodoh dan menetap di negeri yang lebih dingin dari freezer ini.

Dulu setiap acara kumpul-kumpul keluarga pasti bakal digeber pertanyaan “kapan nih sebar undangan?” lah sebarnya sih gampang, cari pasangannya yang susah. Apalagi kalo udah mulai dipanas-panasin pake cerita para mantan yang udah sukses duduk di pelaminan duluan, bikin tambah panas dingin jawabnya. More

Mitos Seputar Paspor 24 Halaman

“Paspor Republik Indonesia adalah dokumen perjalanan yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, dan perwakilan RI di luar negeri. Paspor ini hanya diberikan kepada Warga Negara Indonesia. Paspor ini berisi 24 atau 48 halaman dan berlaku selama 5 tahun. – Wikipedia”

Paspor adalah identitas wajib kita selama di luar negeri. Jika di dalam negeri identitas kita adalah KTP, maka diluar negeri posisi KTP digantikan oleh paspor. Disini gw ga akan menjelaskan tahapan atau tata cara membuat paspor. Yang akan gw bahas adalah perbedaan paspor 48 dan 24 halaman. More

Musim Memetik Buah Beri

Ternyata selain musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin ada musim kelima loh di negara kulkas ini : musim memetik buah beri. Hehe. Pada musim panas tahun ini, pemerintah Finlandia telah mengeluarkan lebih dari 3500 visa bagi para pemetik buah beri asal Thailand. Selain Thailand, pemetik buah beri musiman juga didatangkan dari Ukrainia. Finlandia merupakan rumah bagi buah beri langka yang dikategorikan sebagai superfood. Buah beri ini dibagi menjadi 6 jenis yaitu lingonberry, blueberry, cloudberry, crowberry, cranberry dan rowanberry (bahasa Indonesianya apa ya buat jenis-jenis buah beri ini?). Setiap tahunnya hutan-hutan di Finlandia menghasilkan setidaknya 450 juta kilogram buah beri yang kemudian diekspor dan dikirim ke perusahaan pembuat selai di negara Skandinavia untuk produksi selai dan jus buah yang terkenal di dunia. More

Liburan Ala Flashpacker di Bangkok

Kunjungan ke Bangkok ini merupakan kunjungan perdana buat gw dan Janne pada bulan Mei lalu. Kenapa Bangkok? Sederhana sih, karena waktu itu ada promo tiket dari maskapai China Southern Airlines untuk tujuan Helsinki – Bangkok. Kebetulan gw juga ada rencana mudik jadi gw pikir dengan transit di Bangkok gw bisa dapetin tiket promo untuk tujuan Bangkok – Jakarta.

Di Bangkok kami tinggal selama 7 hari karena tujuannya memang liburan santai. Kalau dibandingkan dengan biaya hidup di Finlandia, udah pasti biaya hidup di Bangkok mureeh banget. Tapi karena gw termasuk orang yang pelit untuk menghamburkan fulus (meskipun itu fulusnya suami) jadi bisa dibilang liburan di Bangkok kemarin merupakan liburan dengan budget, liburan ala flashpacker istilah kerennya 🙂 More

August 2015
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31