Musim Memetik Buah Beri

Ternyata selain musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin ada musim kelima loh di negara kulkas ini : musim memetik buah beri. Hehe. Pada musim panas tahun ini, pemerintah Finlandia telah mengeluarkan lebih dari 3500 visa bagi para pemetik buah beri asal Thailand. Selain Thailand, pemetik buah beri musiman juga didatangkan dari Ukrainia. Finlandia merupakan rumah bagi buah beri langka yang dikategorikan sebagai superfood. Buah beri ini dibagi menjadi 6 jenis yaitu lingonberry, blueberry, cloudberry, crowberry, cranberry dan rowanberry (bahasa Indonesianya apa ya buat jenis-jenis buah beri ini?). Setiap tahunnya hutan-hutan di Finlandia menghasilkan setidaknya 450 juta kilogram buah beri yang kemudian diekspor dan dikirim ke perusahaan pembuat selai di negara Skandinavia untuk produksi selai dan jus buah yang terkenal di dunia.

Bukan cuma para pemetik profesional aja yang memetik buah beri di musim panas. Warga lokal juga banyak yang pergi ke hutan demi memetik buah beri. Sepanjang musim panas buah beri segar akan tersedia di toko-toko. Strawberry dihargai 4,5 euro per liter (bukan per kg tapi diukurnya pake literan ya bok macem beras!). Musim panas tahun ini Janne udah ngeborong 15 liter strawberry dari toko. Nah yang ini udah membudaya bagi orang Finlandia untuk menyetok buah beri sebagai persediaan sampai musim panas selanjutnya dengan cara disimpan di dalam freezer.

Path_20150714093848841

Untuk blueberry yang dijual di toko dihargai 4 – 6 euro per liter tergantung sudah dibersihkan dari daun dan ranting yang terbawa atau belum. Namun beberapa orang akan memilih untuk memetik blueberry langsung di hutan untuk memenuhi stok tahunannya. Jangan bayangin hutan disini seperti hutan tropis di Indonesia ya. Hutan di Finlandia umumnya aman dari binatang buas dan jauh dari kesan angker.

Hari Sabtu kemarin gw dan Janne memutuskan untuk memetik blueberry untuk stok tahunan. Tahun lalu sebenernya host granny pernah ngajak gw ke hutan dekat summer cabinnya untuk memetik blueberry. Sayangnya kita gak menemukan banyak blueberry di sana jadi kembali lagi deh dengan tangan kosong.

Hal pertama yang kami lakukan sebelum memetik buah beri adalah menetapkan tujuan. Gak semua hutan berpotensi memiliki banyak pohon beri secara pohon beri merupakan jenis tanaman liar yang tumbuh di semak-semak. Hal kedua yang gak kalah pentingnya yaitu kenakan pakaian yang tertutup dan sepatu yang tahan air, sepatu boots lebih bagus lagi. Karena yang namanya hutan pasti bakal banyak serangan dari nyamuk-nyamuk nakal ditambah berpotensi becek-becekan juga.

Akhirnya kami sampai di tempat tujuan setelah menempuh perjalanan 45 menit. Di sepanjang jalan yang kanan kirinya hutan, jangan heran kalo liat mobil terparkir dipinggirnya. Karena kemungkinan si empunya lagi jalan-jalan di hutan mencari buah beri.

Karena pohon beri ini tumbuhnya di semak-semak otomastis selama masa pencarian gw harus menunduk-nunduk, meskipun begitu aktivitas ini cukup fun karena kita gak dikejar target dan bisa berhenti kapan aja. Dan berada di tengah-tengah hutan itu seruu, aku sukaa!! Karena kamu gak akan tau yang bisa kamu temui disana, ini contohnya : lebah yang lagi menghisap intisari bunga.

WP_20150801_12_45_01_Pro

Buat yang belum pernah lihat langsung penampakan pohon beri, seperti ini loh bentuknya.

WP_20150801_13_26_30_Pro WP_20150801_13_26_41_Pro WP_20150801_13_27_11_Pro

Memetik buah beri dapat dilakukan dengan cara konvensional yaitu memetik langsung dengan tangan atau dengan menggunakan alat pembantu yang berbentuk kotak dengan jari-jari di bagian bawahnya sehingga dapat memetik buah beri lebih banyak sekali serok hahahh… bahasa indonesia yang baik untuk serok apa sih? Katrok banget nih 😀

WP_20150801_15_21_05_ProWP_20150801_13_27_54_Pro

Tiga jam kemudian. Sekitar 6 kg blueberry udah terkumpul. Hore! Rencananya gw dan Janne bakal memetik beri lagi suatu hari di musim panas ini, setelah encok-encok yang didapat dari memetik beri wiken kemarin benar-benar hilang, maklumlah faktor usia 😀

WP_20150801_15_24_14_Pro WP_20150801_15_26_35_Pro

Advertisements

4 Comments (+add yours?)

  1. kelanakecil
    Aug 04, 2015 @ 03:54:59

    Saya baru lihat pohon blueberry ternyata seperti itu. Wah senangnya setiap tahun sekali bisa metik berry sampai 6 kg. Semoga kapan-kapan bisa ke finland dan ikutan metik berry. Salam kenal mbak!

    Like

    Reply

  2. riki kurniawan
    Oct 29, 2015 @ 10:04:45

    Keren! jd ga sabar banget pengen ke finland

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

August 2015
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
%d bloggers like this: