Mitos Seputar Paspor 24 Halaman

“Paspor Republik Indonesia adalah dokumen perjalanan yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, dan perwakilan RI di luar negeri. Paspor ini hanya diberikan kepada Warga Negara Indonesia. Paspor ini berisi 24 atau 48 halaman dan berlaku selama 5 tahun. – Wikipedia”

Paspor adalah identitas wajib kita selama di luar negeri. Jika di dalam negeri identitas kita adalah KTP, maka diluar negeri posisi KTP digantikan oleh paspor. Disini gw ga akan menjelaskan tahapan atau tata cara membuat paspor. Yang akan gw bahas adalah perbedaan paspor 48 dan 24 halaman. Kalau kamu tanya para pemegang paspor Indonesia pasti kebanyakan mereka memiliki paspor 48 halaman yang biaya pembuatannya Rp. 355.000,-. Kenapa mereka memilih paspor tersebut sedangkan ada paspor 24 halaman yang biaya pembuatannya jauh lebih murah (biaya pembuatan paspor 24 halaman adalah Rp.155.000,-)? Karena paspor 24 halaman itu khusus untuk TKI. Begitu jawaban yang sering gw dengar. Yang sebenarnya tidak benar sama sekali.

Pertama-tama akan gw jelaskan dulu beberapa jenis paspor yang diterbitkan oleh negara, yaitu sebagai berikut :

  1. Paspor Biasa
    Diterbitkan oleh negara untuk warganya untuk melakukan perjalanan reguler. Di Indonesia paspor ini diberi sampul berwarna hijau dan dikeluarkan oleh Ditjen Keimigrasian, Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia.
  2. Paspor Diplomatik
    Untuk sebagian orang diterbitkan paspor diplomatik guna mengidentifikasi mereka sebagai perwakilan diplomatik dari negara asalnya. Karena itu, pemegang paspor ini menikmati beberapa kemudahan perlakuan dan kekebalan di negara tempat mereka bertugas. Di Indonesia, paspor ini diberi sampul berwarna hitam dan dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri.
  3. Paspor Dinas / Resmi
    Paspor ini diterbitkan untuk kalangan teknisi dan petugas administrasi dari suatu misi diplomatik seperti kedutaan dan konsulat ataupun bagi pegawai negeri/ pemerintah yang sedang melaksanakan tugas ke luar negeri. Pemegang paspor jenis ini mendapatkan beberapa kemudahan yang tidak dimiliki oleh pemegang paspor biasa. Di Indonesia, paspor ini diberi sampul berwarna biru dan dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri setelah mendapat izin dari Sekretariat Negara.

Sekarang gw akan membahas Paspor Biasa, yang digunakan oleh warga biasa untuk melakukan perjalanan reguler. Paspor biasa terbagi lagi menjadi 3 bagian berdasarkan penggunanya :

  1. Paspor Biasa untuk calon TKI : diterbitkan paspor 24 halaman atau 48 halaman
  2. Paspor Biasa untuk calon Jamaah Haji : diterbitkan paspor 48 halaman
  3. Paspor Biasa untuk warga negara selain poin no. 1 dan 2 : diterbitkan paspor 24 halaman atau 48 halaman

Gw kurang tahu sejarah awalnya gimana sampai masyarakat mengidentikkan paspor 24 halaman dengan para calon TKI padahal para calon TKI pun dapat mengajukan paspor dengan 48 halaman. Sampai keluar surat edaran IMI.2-GR.04.02-1.568 tertanggal 09 November 2010 olehย Direktur Dokumen Perjalanan, Visa, dan Fasilitas Keimigrasian, Djoni Muhammad SH MM (klik untuk melihat copyan asli) dengan poin sebagai berikut :

(1) Paspor biasa yang berisi 24 halaman mempunyai fungsi dan derajat yang sama dengan paspor biasa yang berisi 48 halaman, perbedaan terletak pada fisik jumlah halaman dan tarif PNBP,
(2) Paspor biasa yang berisi 48 halaman dapat diberikan kepada tenaga kerja Indonesia (TKI),
(3) Masa berlaku paspor biasa yang berisi 24 halaman yang semula 3 tahun menjadi 5 tahun,
(4) Masa berlaku Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) yang berisi 16 halaman yang semula berlaku 3 tahun menjadi 1 tahun,
(5) Akan diterbitkan SPLP berbentuk lembaran dan dapat diberikan secara kolektif dengan masa berlaku paling lama 1 tahun dan hanya dipergunakan untuk perjalanan kembali ke wilayah Republik Indonesia,
(6) Pembebasan biaya bagi TKI yang pertama kali bekerja di luar negeri diberikan paspor biasa berisi 24 halaman, jika menghendaki Paspor biasa yang berisi 48 halaman, maka dikenakan pembayaran biaya sesuai tarif PNBP yang berlaku bagi paspor 48 halaman.

Sayangnya sampai saat ini, setelah hampir 5 tahun setelah Surat Edaran tersebut muncul masih banyak aja masyarakat yang salah tafsir fungsi dan dan derajat paspor 48 halaman dan 24 halaman. Bisa jadi mentang-mentang negara membebaskan biaya paspor 24 halaman bagi TKI yang pertama kali bekerja di luar negeri (poin 6 Surat Edaran di atas) menjadi alasannya. Malah ada juga yang bilang kalo paspor 24 halaman hanya bisa digunakan di negara bebas visa atau dengan visa on arrival, tidak bisa digunakan untuk memngajukan visa pre-arrival. Sebagian juga bilang kalo pemegang paspor 24 halaman biasanya mengalami perlakuan beda saat di imigrasi.

Helloo… Gw adalah pemegang paspor 24 halaman dan belum pernah tuh mengalami kesulitan untuk traveling. Dari daftar negara yang udah gw kunjungi (Singapura, Malaysia, China, Belanda, Swedia) semua prosesnya lancar jaya, ga adaย  perlakuan intimidasi di imigrasi atau disangka TKI.

Paspor 24 halaman ga bisa dipakai untuk mengajukan visa pre-arrival? Bukan visa lagi yang gw dapet dengan paspor 24 halaman tapi Residence Permit yaitu ijin tinggal yang langsung setahun! Istilahnya kalo Residence Permit aja yang tingkat kesusahan approvalnya diatas visa bisa didapatkan dengan paspor 24 halaman, masih kurang bukti apalagi??

Kalaupun ada perbedaan antara paspor 48 halaman dengan 24 halaman adalah pada lembar halaman serta biaya pembuatannya.

Bagi yang jarang bepergian ke luar negeri paspor 24 halaman aja udah cukup. Pada negara-negara Asia umumnya imigrasi akan membubuhkan stempel dua kali yaitu saat kedatangan dan saat kepergian kita dari negara tersebut. Sedangkan pada negara-negara di Eropa pemberian stempel tersebut tidaklah umum, artinya paspor 24 halaman pun sudah lebih dari cukup bagi traveler yang sering bolak balik ke negara-negara Eropa.

Dari penjelasan dan pengalaman gw diatas semoga aja dapat membantu para calon traveler untuk memilih paspor sesuai kebutuhan. Dan yang pasti supaya tidak ada salah tafsir lagi perihal derajat paspor 24 halaman ini yang sebenarnya sama persis seperti paspor 48 halaman.

Sumber :

Wikipedia

www.imigrasi.go.id

Advertisements

67 Comments (+add yours?)

  1. Ria
    Nov 29, 2015 @ 15:18:18

    Kak, kalau buat kuliah di luar negeri, Australia utamanya… paspor 24 halaman cukup kah?

    Like

    Reply

  2. Malin Putih
    Dec 17, 2015 @ 11:20:21

    Cukup, Ria ๐Ÿ™‚

    Like

    Reply

  3. ayu mugi
    Dec 28, 2015 @ 10:04:22

    kak kalau saya mau pergi ke taiwan dan ke austria dengan pasport 24 halaman itu bisa atau enggak? soalnya teman saya kemarin buat pasport 24 halaman dan katanya ga bisa buat pergi ke negara yang pakai visa (ex: cina, taiwan,korea etc) gimana ya kak?

    Like

    Reply

    • Diah
      Dec 28, 2015 @ 16:22:54

      Halo Ayu,

      seperti yang udah aku tulis di artikel, visa 24 halaman derajatnya sama dan bisa kok dipakai untuk traveling ke negara yang memakai visa

      Like

      Reply

  4. ade
    Jan 02, 2016 @ 02:50:23

    halo mba….kemaren saya baru dari kantor imigrasi mau buat paspor 24 h, memang diskriminasi sangat terasa…petugasnya bilang paspor 24 h hanya untuk TKI dan harus membawa surat rekomendasi dari dinas tenaga kerja…..yg ingin saya tanyakan apakah benar memang harus melampirkan surat dari dinas tenaga kerja< padahal saya hanya ingin berkunjung biasa.???

    Like

    Reply

    • Diah
      Jan 02, 2016 @ 16:49:24

      Hai Ade,
      surat dari dinas tenaga kerja gak dibutuhkan kok. Sepertinya memang masih banyak petugas yang kurang paham ya dengan banyaknya diskriminasi bagi para pemohon paspor 24 halaman.
      Saranku kalau ini permohonan pertama kamu mending apply online jadi pas ke kantor imigrasi hanya tinggal kasih lihat berkas asli dan membayar biayanya. Dulu aku juga apply online selain lebih gampang, proses mengantri di imigrasi pun lebih cepat karena antrian dibedakan dengan yang apply di tempat.

      UPDATE.
      Hai Ade, ada revisi pada info diatas saat ini layanan paspor online tidak tersedia bagi pemohon paspor 24 halaman. Lengkapnya sudah aku tulis di post berikut https://dhee85.wordpress.com/2016/01/09/hilangnya-pilihan-paspor-24-halaman-pada-layanan-paspor-online/

      Like

      Reply

  5. Surya
    Jan 09, 2016 @ 05:38:47

    Makasih bt pencerahannya.. Hehehehe
    Saya sama keluarga jg mau bikin nih.. Tp baca2 kabar yg beredar kok kayaknya direpotin di imigrasinya gt…

    Boleh minta step2nya dr isi online sampe di imigrasinya.. ceritanya gt.. Heheheh

    Thank u

    Like

    Reply

  6. Trackback: Hilangnya Pilihan Paspor 24 Halaman Pada Layanan Paspor Online | Cerita Diah
  7. adilah vicky
    Jan 12, 2016 @ 12:46:16

    terima kasih ya kak infonya , saya berencana untuk membuat paspor 24 Halaman karena, memang drajat dan fungsinya yang sama. Beberapa teman yang sudah membuat paspor selalu mengatakan hal yang sama “paspor 24 Halaman itu hanya untuk TKI” dan itu dinyatakan sendiri oleh petugas di kantor imigran.Sementara saya masih butuh paspor itu untuk ke Singapore, Malaysia dan Jerman hanya untuk berlibur. Saya pikir 24 halaman akan cukup. adakah saran untuk menghadapi petugas di kantor imigran yang ngeyel dan diskriminatif tersebut?

    Like

    Reply

    • Diah
      Jan 12, 2016 @ 16:36:39

      Hai Vicky,

      Untuk ngadepin petugas imigrasi yang ngeyel itu aku belum ada tipsnya karena belum pernah ngalamin sendiri ๐Ÿ˜› Mungkin petugasnya coba dikasih liat situs imigrasi.go.id kali ya yang ada banner tentang kesetaraan fungsi dan derajat paspor beda halaman tapi semoga sih kamu ketemu sama petugas yang sudah paham ya biar lancar prosesnya.
      Jangan lupa dishare pengalamannya nanti ya setelah submit permohonan pembuatan paspor ๐Ÿ™‚

      Like

      Reply

    • mdwikiar
      Jan 19, 2016 @ 07:55:53

      Tunjukin bannernya, catet nama petugasnya, minta ketemu sama kepala kanimnya, laporin.

      Kalau masih ngeyel, laporin di lapor.go.id

      Saya dulu juga adu mulut sama petugasnya, akhirnya bilang aja, Saya tanggung jawab semuanya, Saya pilih paspor 24 halaman.

      Akhirnya jadi juga paspor 24 halamannya.

      Like

      Reply

  8. Weni Tyas
    Jan 13, 2016 @ 05:00:50

    Postingannya amat sangat berguna kakak ๐Ÿ˜€ terima kasih banyak.
    Sebenarnya kalau boleh cerita adik saya memiliki passport 24 halaman karena ketidaksengajaan dan kekurangpahaman kami dalam hal adanya 2 jenis passport dan sebagianya apalah gt.
    jadi agak minder dan was was tingkattt dewa di khayangan lantai ke tujuh *lebai
    kalau di tolak untuk buat visa ke negara Eropa ๐Ÿ˜ฆ
    Ada tips kakak?

    Like

    Reply

    • Diah
      Jan 15, 2016 @ 14:26:49

      Oalah.. berarti pas apply petugasnya informatif kali ya, gak dibilang kalo 24hal untuk TKI. Ga usah kuatir paspor 24hal gak mempengaruhi tembus/gaknya visa ke negara lain. Yang pengaruh itu kelgngkapan dokumen ๐Ÿ™‚ Aku visit negara2 eropa juga lancar kok di imigrasinya

      Like

      Reply

  9. Dedi kuswoyo
    Feb 15, 2016 @ 03:02:03

    Tank’s ya gan infonya sukses

    Like

    Reply

  10. Dwi
    Feb 15, 2016 @ 06:40:56

    Hi Diah. Mau tanya nih sebelumnya bikin paspor 24 halaman dimana ya? Karna udah dua kantor imigrasi di Jaksel dan depok yang saya coba, tapi mereka bilang gak bisa bikin paspor 24 hal. Bahkan mereka berani bilang itu sudah ketentuan dari pusat, tapi saat saya tanya soal SK Imigrasi yg baru mana dan mereka malah kebingungan sendiri.
    Thx ^_^

    Like

    Reply

    • Diah
      Feb 20, 2016 @ 12:04:27

      Haii Dwi,
      jaman aku bikin dulu, paspor 24h masih bisa apply online. Untuk pilihan kantor imigrasinya dulu di Kanim Kelas 1 Khusus Jakarta Selatan, Warung Buncit. Sejak paspor 24h ga tersedia dalam layanan online pendaftar jadi harus apply langsung di kanim. Dan gitu deh banyak juga yang dibilang kalo paspor 24h ga tersedia lagi.

      Gimana udah apply yang berapa halaman jadinya?

      Like

      Reply

  11. randy
    Mar 01, 2016 @ 06:07:38

    gw kemaren baru perpanjang passport dan ganti ke 24 halaman di imigrasi jaksel. gw dah wanti2 minta yang 24, tapi kayaknya mereka gak ikhlas gitu, setoran jadi kurang kali yaaa hahahaha… sempet juga dibilangin mereka klo utk travel ke negara dengan menggunakan visa bakalan susah, tapi setelah gw baca artikel ini jadi makin mantap buat bikin passport 24. thank u for sharing

    Like

    Reply

    • Diah
      Mar 01, 2016 @ 14:10:17

      Tapi akhirnya berhasil dapet yang 24h kan? Selamattt!! Hihiii… gak ngerti juga kenapa pembuatan paspor 24h dipersulit bukannya staff imigrasi udah dapet gaji standard ya atau ada insentif kah dari tiap pembuatan paspor.. mbuhlah gak ngerti :/

      Like

      Reply

    • Patricia
      Mar 02, 2016 @ 02:48:04

      Gw juga lagi buat paspor 24 di konter 8.. dilamain gw utk buatnya..trus dibilang nggak bakal bisa ke eropa dan australia.. bener nggak tuh? Gw sih tetep bikin 24 hal..

      Like

      Reply

      • Diah
        Mar 02, 2016 @ 10:46:41

        masih aja ya ketemu petugas yang gagal paham, tetep bisa kok ke negara dengan visa pre-arrival, gw pertama masuk eropa pun lancar2 aja kok

        Like

  12. randy
    Mar 07, 2016 @ 11:50:47

    hahaha konter 8 spesialis 24 halaman kah? gw jg di sana lol
    anyway, hari ini gw dah dapet paspor 24. yeeeyy….
    tapi kok dikasihnya passport seri/design lama ya? sama kayak passport gw 5 tahun yang lalu. bukan kah passport yang sekarang design-nya udah beda??

    Like

    Reply

  13. Yood ayoobin
    Apr 04, 2016 @ 16:21:23

    Terima kasih sngt bermanfaat

    Like

    Reply

  14. ayu
    Apr 12, 2016 @ 07:58:04

    bulan depan saya mau ke malaysia dan singapore, berhubung ini traveling pertama saya ke luar negeri jd agak was2 krn paspor saya 24h..kira2 dipersulit ga ya nanti pas dibandara? Thanks

    Like

    Reply

  15. Andy Himawan
    Apr 20, 2016 @ 12:04:17

    saya baru saja perpanjang paspor tgl 18 Apr 2016 di kanim jakarta selatan yg di jl. warung buncit. ketika di counter 3 saya langsung minta yang 24 hal, padahal paspor sebelumnya 48 hal, mereka gak comment apa2, malah saya tanya2 perbedaan antara paspor biasa yg 24 hal maupun 48 hal, mereka bilang sama aja.
    Sekarang kan sudah zaman semua harus transparan, jadi ya mereka gak berani juga kali kalau nutup2i harus 48 hal.

    Like

    Reply

  16. singleminglepringles
    Apr 27, 2016 @ 11:11:05

    Wah, semakin mantap aku buat paspor 24 halaman! Terima kasih atas informasinya, mbak. ๐Ÿ™‚

    Like

    Reply

  17. calvin
    May 03, 2016 @ 06:37:40

    kalau buat paspor 24 halaman di jakarta pusat di kemayoran adakah ? makasih.

    Like

    Reply

  18. anin
    May 20, 2016 @ 01:06:12

    halo mbak
    pada tanggal 19 Mei lalu saya mengajukan permohonan paspor ke Kantor Imigrasi Malang. Karena sebelumnya saya tidak tahu perbedaan spesifik antara 24 dengan 48 hal akhirnya saya buka portal imigrasi.go.id dan beberapa blog mengenai perbedaan paspor 24 dan 48
    setelah saya membaca kalau paspor 24 dan 48 halaman mempunyai derajat, fungsi dan jangka waktu yang sama, saya mantap untuk membuat paspor 24 hal saja.
    Namun saat proses wawancara saya jg mengalami intimidasi dengan pihak imigrasi, bahkan saya sempat berdebat karena petugas bersikeras mengatakan bahwa paspor 24 hal hanya khusus TKI, tidak bisa digunakan untuk perjalanan ibadah seperti umrah dan ke negara Yerusalem. Petugas juga mengatakan bahwa yang menyarankan langsung adalah Kepala kantor Imigrasi dan paspor 24 akan ditolak masuk negara Arab dan kalau hal itu terjadi mereka tidak akan bertanggung jawab, karena nanti apabila hal itu terjadi saya harus mengurus sampai ke kedutaan. Tapi ketika saya menanyakan “memang SK nya sejak kapan mbak kalau paspor 24 halaman tdk bisa digunakan umrah?”, petugas hanya nampak kebingungan bertanya ke teman2nya :).
    Yang ingin saya tanyakan apakah benar paspor 24 halaman akan ditolak untuk umrah?
    mungkin disini ada pengalaman teman2 yg sudah umrah di tahun 2016 dengan menggunakan paspor 24 halaman

    Like

    Reply

  19. Liana
    Jun 15, 2016 @ 18:22:34

    Ka..maaf nih tanya ulang walaupun udah prnh ditanyain. Utk ke australia bneran bs kan ka..?soalnya aku mau kuliah kesana dan waktu brngktnya udah mepet bgt, ga mau terhambat krn masalah paspor. Pengalaman kaka yg dishare kan ke negara eropa, takutnya ke australia malah beda sendiri syarat paspornya. Klo yakin bisa, aku bikin yang 24 hal aja. Lbh murah ๐Ÿ™‚

    Like

    Reply

  20. rofi
    Jun 25, 2016 @ 22:49:25

    Lau mau liburan ke jepang kira” 7jt cukup gak ya….

    Like

    Reply

  21. minka
    Jul 22, 2016 @ 17:18:14

    terima kasih postingannya sangat bermanfaat. dulu saat mau bikin paspor, petugasnya sendiri yg nakut-nakutin dgn bilang kalau pakai paspor 24 halaman akan susah lolos imigrasi blablabla…
    saya nggak percaya sih, tapi jadi sedikit khawatir juga. setelah baca tulisan ini jadi tenang ๐Ÿ™‚

    Like

    Reply

  22. traveltale79
    Aug 05, 2016 @ 15:12:15

    Terimakasih ka atas infonya. Aku tadi baru aja buat paspor 24 hal. Pertamanya emang ditanya dulu sih yakin ngga buat yang 48 aja. Tapi waktu aku bilang aku mahasiswa pariwisata, petugasnya langsung ngasih nge iyain aja. Karna sempet bingung aku akhirnya browsing perbedaan paspor 24 & 48 hal. Sampe2 galau ga karuan takut salah bikin. Tapi baca cerita kaka bikin aku pede dan yakin tadi aku ngga salah pilih.
    Terimakasih banyak ka.

    Like

    Reply

  23. widyaps
    Aug 08, 2016 @ 04:48:09

    Beberapa hari lalu, akhirnya perpanjangan paspor 24 saya selesai dan sudah ditangan (proses nya di Kanim Jak-Ut). Pake sedikit perjuangan sih bikinnya, karena mulai di satpam yg kasih nomor antrian aja juga sudah bilang kalo yg 24 itu untuk TKI, terus petugas yg terima dokumen jg pada akhirnya kasih sedikit “ancaman” kalo pihak imigrasi nggak tanggung jawab kalo kita kenapa2 diluar, tp giliran saya tanya negara mana aja yg nggak mau terima paspor 24, dia juga nggak bisa jawab, walopun akhirnya saya lolos juga…tapi jd sedih dengan cara frontliner di kantor imigrasi menjawab pertanyaan customernya ๐Ÿ˜ฆ

    Like

    Reply

    • Diah
      Aug 09, 2016 @ 08:27:43

      Mestinya frontliner itu paham dan menyampaikan informasi yang benar ya, tapi secara…ah sudahlah… Daripada sedih-sedihan mendingan mulai bikin plan buat ngetrip ^^

      Like

      Reply

  24. Husen Husaeni
    Aug 08, 2016 @ 12:05:17

    halo mba, saya rencana mau apply visa china juga, nah paspor saya 24hal, mba waktu ngajuin visa china sendiri atau pake travel agent ya mba ? soalnya saya rencana mau pakai travel agent, karna diliat dari harga juga gabeda jauh, biar hemat waktu, tapi ada travel agent yg bilang kalau paspor 24hal biasanya ditolak

    Like

    Reply

    • Diah
      Aug 09, 2016 @ 08:30:52

      Waktu aku ke China gak pake visa karena lagi dalam masa transit kita diperbolehkan untuk keluar bandara hanya dengan nunjukin paspor dan tiket pesawat. Pasporku sudah tentu yang 24halaman.

      Pake agen artinya kita juga harus membayar biaya jasa, saranku selagi masih mungkin untuk urus sendiri mendingan diurus sendiri aja kecuali kalau memang gak memungkinkan karena suatu hal

      Like

      Reply

  25. dany darajat
    Aug 10, 2016 @ 05:58:13

    siang mba….mau sedikit tanya nich barangkali ada yg pernah pake paspor 24 halama tujuan jepang…saya berencana mau magang d jepang selama 1 tahun apakah ga akan jd masalah pake paspor 24 halam …terima kasih sebelum nya

    Like

    Reply

  26. Amy
    Aug 19, 2016 @ 12:41:49

    Kalau ke Doha (Qatar) bisa ga pakai yg 24 hal ?

    Like

    Reply

  27. wina
    Aug 30, 2016 @ 22:57:07

    Halo mbak…
    Saya ex tki yg sebelumnya menggunakan paspor 24h,karna habis masa berlaku saya perpanjang dengan mengganti yang 48h,untuk alasan berobat,.
    Waktu pengambilan,karena saya ex tki,saya masih di suruh buat surat pernyataan bermatrei,bahwa paspor ini saya ambil bukan untuk bekerja…
    Nah…seandainya suatu hari nanti saya ingin jadi tki lagi,apa paspor saya yang 48h bisa di gunakan? DanKalau bisa, apa saya nanati tidak terkena sanksi hukum…
    Atas jwabnnya,saya ucapkan terimakasih.

    Like

    Reply

  28. Shiepietd
    Sep 20, 2016 @ 20:09:12

    Attah Attah
    PASPOR 24 / 48 UJUNG” NYA SAMA KALAU BUAT PELANCONG TAK ADA BEDA .
    CUMAN PEMBUATANYA BEDA HARGA . TP KALAU BUAT TRAVELING ATAU BERKUNJUNG AJA BOLEH . AKU SEKARANG DI MALAYSIA . DULU PERNAH KE MALAYSIA KERJA . SEKARANG JADI TOURISM DI MALAYSIA . SEBULAN SEKALI AKU KE SINGAPURA DAN KE BATAM COP VISA ATAU ISTILAH NYA (PASSING) DAN DI IMIGRASI GAK PERNAH TUH ADA PERTANYAAN MASALAH PASPOR . YG PNTING TUJUAN KITA JELAS . KALAU KAMU DI REWELIN PETUGAS IMIGRASI . KAMU SELIPIN AJA UANG RP: 50 RIBU …. ATOOOH ATOOOH UJUNG” NYA JUGA JEDDIIIIIIIOOOOOOOK SUDAH BOLEH LANJUT . . . KALAU DI IMIGRASI TUJUAN . PASTI KAMU BERTANYA” BOLEH APA KAGAK INI . KENA TENDANG APA KAGAK INI .
    SELOW AND WOLES BROTHER . IMIGRASI SELALU MENGHARGAI ORANG INDONESIA YG PERGI KE NEGARA LAIN . PALING CUMAN DI TANYA TUJUAN KITA .
    INTINYA KITA ADA UANG DIJAMIN AMIN SAMPAI TUJUAN .

    SALKOMSEL

    Like

    Reply

  29. Falia
    Sep 25, 2016 @ 03:24:54

    Sy juga bingung, tahun 2014 yg lalu suami st bikin passpor 24 hal dan ga di persulit sm sekali dr petugas imigrasi s.d imigrasi negara2 tetangga yg kmi masuki. Tp bulan agustus sy berniat perpanjang passpor sy dan buat passpor utk anak sy yg 24 hal. Petugas imigrasi jakarta barat spt ny benar2 tdk mendukung dan bahkan menakut2i km, katanya byk negara yg akan nolak.. Krn malas debat sy iyakan saja bikin pass 48 halanan. Nyesel si.. Dua hr kemudian adik sy bikin dan juga mendapat perlakuan sama. Aneh, kalau memang beda, knp di promosikan derajat ny sm. Dan ga ngerti juga knp petugas imigrasi segitu nya ‘memaksa’ km hrs bikin passpor 48 hal.

    Like

    Reply

    • Diah
      Sep 25, 2016 @ 12:16:24

      Saya juga bikin paspor tahun 2014 dan gak dapat perlakuan beda karena dulu apply via online. Banyak juga temen2 yang direkomendasikan bikin 48h sama petugas. Padahal ya di website imigrasi sendiri disebutkan kalo derajat dan fungsinya sama. Makin kesini makin susah kayaknya untuk bisa tembus yang 24h

      Like

      Reply

  30. nepthysdraven
    Oct 05, 2016 @ 10:31:49

    Sekedar sharing menekankan kesaksian penulis: Saya hanya sekali bikin paspor 48 halaman, th 1998. setelah itu perpanjang dr 2003 hingga sekarang sudah 3x pake paspor 24 halaman, nggak ada perbedaan, ga ada intimidasi sejak wwncara dan sampe 2013 terakhir saya masih beruntung bisa perpanjang paspor 24 hal lwt website imigrasi.go.id -harga 155K (yang sekarang sudah ngga bisa online-D*mn! pdhl saya mau biikin buat anak saya thn ini.. ),
    By the way saya ke China, HK, Jpg ga ada masalah santai sekali biasa dan tidak ditanya2 ttg passport krn sejak awal, baik petugas imigrasi yg saya temui termasuk CALO juga bilang kalo 24 dan 48 sama. 48 lebih diperuntukkan buat mereka yg mobilitas ke luarnegrinya sering dan frekuensinya sangat tinggi.

    jadi nggak perlu kuatir buat jeung2 mas2 yg mo bikin passport 24 hal (walaupun sekarang nyebelin krn harus dtg langsung ke kanim/ga ada layanan online lagi).

    Like

    Reply

    • Diah
      Oct 13, 2016 @ 19:36:40

      Wow terima kasih untuk sharingnya, seneng deh kalo ada yang berbagi pengalaman, intinya ketika bikin paspor 24 kitanya musti PD di depan petugas dan yakin sama diri sendiri

      Like

      Reply

    • HUSEN HUSAENI
      Oct 14, 2016 @ 01:08:05

      berarti ke China bisa ya mba pake yg 24hal, nah pas bikin visa nya gimana mba, ditanya apa aja ? soalnya saya juga mau china dan paspor saya 24hal mba

      Like

      Reply

      • ferdhi
        Oct 29, 2016 @ 04:55:48

        Sharing dong ada yg pernah buat paspor 24 halaman di kantor layanan imigrasi Karang Tengah? dipersulit ngga ya?

        Like

  31. ameliayuniarti1992@gmail.com
    Nov 23, 2016 @ 10:06:49

    Ka,pasport yang 24h itu bisa buat ke korea kan y? pas ngajuin visa gak bakal dipersulit kan ya? soalnya baca disuatu artikel Dishub Imigrasi bilang klo mau ke korea mending yang 48h.

    Like

    Reply

  32. husen
    Jan 17, 2017 @ 11:14:22

    saya baru aja buat visa china pake passpor 24 hal dan bisa.

    Like

    Reply

  33. Desita
    Mar 26, 2017 @ 12:28:23

    Hallo kak Diah, kebetulan paspor saya itu hanya 24 halaman dan saya adalah seorang TKI. Misalkan nanti 2 tahun lagi ketika kontrak kerja saya habis, apakah paspor ini bisa saya gunakan untuk travelling? Rencana mau ke Bangkok kak insyaallah 2 tahun lagi, btw makasih ya kak Diah infonya sangat bermanfaat๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

August 2015
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
%d bloggers like this: