Jadi Imigran di Finlandia? Siapa Takut!

Pertama kalinya gw denger kata imigran ini waktu masih duduk di bangku sekolah dasar, ada satu mata pelajaran yang gw lupa pelajaran apasih mengajarkan tentang imigrasi dan emigrasi. Buat merefresh ingatan kembali imigrasi adalah perpindahan penduduk dari negara asalnya ke negara lain untuk menetap dalam jangka waktu yang panjang atau bahkan secara permanen. Sedangkan imigran adalah orang yang melakukan perpindahan tersebut.

Ada beberapa faktor umum yang menyebabkan terjadinya imigrasi, yaitu :

  1. Alasan Politik
  2. Alasan Pendidikan
  3. Tuntutan Pekerjaan
  4. Alasan Keluarga

Yaak, pelajar yang studi di luar negeri, tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri juga termasuk dalam golongan imigran.

Di Finlandia, pemerintahnya sangat peduli dengan nasib para imigran yang rata-rata tidak bisa bahasa finlandia. Malah ada juga loh imigran yang ga bisa bahasa inggris! Di kota Kuopio sendiri ada beberapa fasilitas yang ditujukan bagi para imigran, diantaranya :

1. Multicultural Center Kompassi

Merupakan pusat multikultural yang dikelola olah pemkot untuk membantu para imigran atau bahkan warga Finlandia sendiri. Layanan yang ditawarkan adalah les bahasa finlandia gratis dan informasi untuk menemukan pekerjaan atau tempat studi yang tepat.

2. TE-Office atau Kantor Ketenagakerjaan dan Pembangunan Ekonomi

Di sini imigran dapat menanyakan layanan yang tersedia untuk mendukung integrasi dan pekerjaannya. Mereka juga dapat mendaftarkan diri sebagai pencari kerja dan mendapatkan informasi tentang seminar untuk menambah pengetahuannya (seminar umumnya dalam bahasa finlandia).

3. Savon Ammatti- ja Aikuisopisto atau Savo Vocational College

Imigran yang terdaftar sebagai pencari kerja di TE-Office dan tidak berbahasa finlandia umumnya akan diarahkan untuk mengikuti kursus bahasa finlandia intensif di sekolah ini tanpa dikenakan biaya dengan lama kursus 5 bulan per modul. Tujuannya adalah membantu imigran agar menguasai bahasa finlandia sehingga dapat terintegrasi dalam kehidupan masyarat finlandia serta mampu menemukan pekerjaan.

4. Valmennus ja Kuntoutussuunnitelma atau Work Trainee and Rehabilitation Plan

Merupakan program yang ditawarkan oleh pemkot bagi mereka yang sedang melakukan rehabilitasi dan tidak mampu bekerja penuh waktu, namun bagi para imigran program ini bertujuan agar mereka dapat belajar berbicara bahasa finlandia dalam dunia kerja serta berkomitmen pada pekerjaan. Jenis pekerjaan yang dilakukan bukanlah pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus, justru peserta akan diajarkan keahlian seperti merajut, membuat karya seni keramik atau bahkan keahlian untuk menjadi cleaner. Dalam program ini peserta tidak mendapat gaji melainkan hanya mendapat uang makan sebesar 7 euro/hari ditambah tiket bus bulanan.

Selain layanan-layanan di atas masih banyak lagi layanan bagi para imigran di Finlandia yang membantu sekali dalam proses adaptasi, selain itu juga dapat berinteraksi dengan imigran lainnya. Jadi kalo suatu saat kamu terpaksa harus berimigrasi ke negara Finlandia, terlepas dari suhunya yang ekstrim, jangan takut bakal ga punya temen atau gak bisa bekerja karena layanan dan program yang ditawarkan cukup lengkap dan membantu.

Sumber :

http://www.te-services.fi/

http://www.kuopio.fi/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

September 2015
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
%d bloggers like this: