Persiapan Menghadapi Musim Dingin

Musim dingin bisa terdengar menakutkan bagi kita-kita yang berasal dari negara tropis. Apalagi kalau perbedaan suhunya bisa mencapai 50 ° lebih dingin dari suhu rata-rata di Jakarta *takuut*. Dulu waktu masih tinggal di Indonesia, setiap pergi ke puncak aja perlengkapan seperti jaket dan celana panjang itu udah menjadi atribut wajib. Malah kadang meskipun udah memakai atribut wajib pun masih kedinginan padahal suhu masih diatas 20 °C.

Sebenernya musim dingin itu gak semenakutkan bayangan kita asalkan kita berpakaian dengan benar. Ketika pindah ke Finlandia koper gw dipenuhin sama jaket karna saking takutnya kedinginan. Ternyata membawa banyak jaket dari Jakarta bukanlah strategi yang tepat karena jaket dengan kualitas yang bagus untuk musim dingin itu lebih baik dibeli langsung di negara-negara dengan 4 musim.

Sejauh ini suhu terdingin yang pernah gw rasakan adalah -19.6 °C dimana saat itu gw harus berjalan kaki nganterin host brother ke daycare, pernah juga sih sampai -24 °C tapi saat itu gw di dalam mobil jadi ga masuk hitungan 😛 Lalu atribut apa aja yang diperlukan untuk menghadapi suhu yang 50 °C lebih dingin dari suhu rata-rata di Jakarta supaya kamu bisa survive?

Berikut ini akan gw kasih tips khusunya buat nubie supaya siap menghadapi musim dingin dengan suhu ekstrim.

Long John

Long John adalah set celana panjang dan kaos tangan panjang dengan lapisan thermal di dalamnya. Long john ini digunakan sebagai dalaman sebelum kamu memakai baju luaran. Long John banyak tersedia di toko-toko yang menjual perlengkapan musim dingin dari mulai ITC Kuningan sampai Pasaraya.

basic-light-warm-cotton-base-layer-longjohn-17

Baju dan Celana

Pada suhu dingin baju favorit gw adalah yang terbuat dari wool karena hangat saat dipakai. Untuk celana biasanya setelah long john akan gw dobel dengan jeans. Akan lebih baik jika celana bukan skinny jeans agar dapat berfungsi sebagai insulator.

634582704031406250

Kaos Kaki Wool

Kaos kaki wool yang gw maksud di sini belum pernah gw temuin di Indonesia. Kaos kaki ini terbuat dari wool tanpa campuran bahan lain dan biasanya dibuat dengan proses handmade. Dipakai sebagai lapisan luar dari kaos kaki yang biasa kamu pakai sebagai insulator, kaos kaki ini sangat penting karena kaki merupakan bagian tubuh yang lebih cepat kedinginan.

dscn2163

Sarung Tangan Mitten

Selain kaki, tangan juga akan cepat kedinginan apabila kita salah memilih sarung tangan. Sarung tangan yang cocok untuk suhu ekstrim adalah yang berbentuk mitten atau tanpa jari karena akan bekerja lebih baik sebagai penghantar panas alami tubuh, lebih bagus lagi apabila terdapat lapisan insulatornya.

red20mittens20copy-1

Topi

Sekitar 30% panas alami tubuh manusia keluar melalui kepala. Oleh karena itu topi yang hangat hukumnya wajib pada suhu dingin yang ekstrim. Topi yang baik adalah yang dapat menutupi telinga atau siap-siap telinga kamu menggigil kedinginan.

winter-woman-hats

Syal

Syal dapat melindungi leher kamu dari suhu dingin, terutama saat cuaca berangin.

mens-winter-scarf

Jaket

Perlu gw ingatkan pada saat suhu ekstrim, yang perlu diperhatikan adalah kualitas dari jaket bukan modelnya. Untuk suhu ekstrim down coat atau jaket yang terbuat dari bulu angsa adalah andalan gw. Selain baik sebagai insulator, down coat ini biasanya ringan saat dipakai meskipun terlihat tebal.

l810422l91_liana_gunmetal_f

Celana Outdoor

Celana outdoor ini biasanya dipakai apabila kamu akan menghabiskan banyak waktu diluar saat musim dingin, seperti saat melakukan winter sports. Atau bisa juga dipakai apabila bagian atas kaki kamu tidak tertutup jaket pada suhu dingin yang ekstrim. Di Finlandia, celana outdoor ini biasanya dilengkapi juga dengan reflector yang dapat memancarkan cahaya apabila terkena sinar lampu ditempat gelap karena waktu malam yang panjang selama musim dingin.

351-15238-99-bi-02-120

Sepatu Boots

Terakhir adalah sepatu. Sepatu yang cocok untuk musim dingin adalah yang mempunyai lapisan hangat di dalamnya. Untuk sepatu musim dingin biasanya gw juga akan mempertimbangkan gripnya atau sol bagian bawah mengingat jalanan akan menjadi licin pada saat salju mulai mencair. Pada saat membeli sepatu musim dingin belilah yang 1 nomor lebih besar agar kamu dapat mendobel kaos kaki dengan kaos kaki wool.

timberland20boots20earthkeepers20r20high20cut20wool20warm20winter20sand20shoes20men20on20wholesale

Kalo semua atribut diatas udah dilengkapi, keluar rumah pada suhu ekstrim pun kita akan tetap hangat. Tapi gak seharian juga ya berada diluarnya kalo gak mau menggigil.

Untuk musim dingin dengan suhu diatas -15 °C celana outdoor dan kaos kaki wool dapat dikeluarkan dari daftar dengan catatan sepatu yang dipakai mempunyai lapisan hangat di dalamnya. Wool coat atau jaket musim dingin yang trendi juga cukup hangat untuk suhu dingin yang tidak ekstrim. Long john tetap gw sarankan bagi pemula.

Semoga informasi ini berguna bagi yang akan menyicipi musim dingin pertamanya tanpa rasa takut. Oiya satu lagi tips yang penting pada saat berada diluar selama kamu bergerak kamu akan merasa hangat. Jadi misal kamu kedinginan saat menunggu bus kamu bisa akalin dengan berjalan kaki seputar halte supaya panas alami tubuh tetap keluar.

 

 

Advertisements

1 Comment (+add yours?)

  1. Trackback: Pengalaman Pertama Pada Suhu -24 °C | Cerita Diah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

January 2016
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d bloggers like this: