Pastel Renyah Favorit Suami

Setelah lama gak menulis resep masakan, kali ini gw kembali dengan resep yang sudah melalui tahap uji coba dari adonan gagal sampai akhirnya sukses dan menjadi cemilan favorit suami.

Secara tukang jajanan pasar ga ada yang nyampe ke Finlandia, akibatnya kalau mau ngemil jajanan pasar ya harus bikin sendiri. Tapi karena gw males untuk bikin cemilan yang persiapannya heboh jadi setelah ditelusuri dari beberapa resep, pilihan jatuh ke pastel. 

Dan dikarenakan gw termasuk perfeksionis dalam dunia masak-memasak, pastinya gw mau meskipun home made tapi hasilnya bisa renyah mirip kaya pastel yang banyak dijual di pasar-pasar.

Percobaan demi percobaan akhirnya membuahkan hasil, dan akhirnya… pastel dengan kulit yang renyah dan yammi..

WP_20151216_23_05_38_Pro

Gimana, menggugah selera kan? Terlepas dari pinggirannya yang terpelintir gak jelas, rasanya enak kok 🙂 Bahan-bahan yang perlu disiapkan juga simple, gw mulai dari isian dulu yah sesuai urutan memasak. Karena setelah isian matang, baru kita dapat membuat kulitnya sambil menunggu isian dingin.

Bahan-bahan untuk isian pastel :

  • 3 bh bawang merah, cincang kasar
  • 1 bh kentang, kupas kemudian potong dadu kecil
  • 1 bh wortel, bersihkan kulitnya kemudian potong dadu kecil (untuk kentang dan wortel gw lebih suka diparut dengan parutan keju dengan lubang terbesar supaya lebih praktis)
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 blok kaldu ayam/sapi
  • 3 sdm air
  • 1 sdt lada halus
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Minyak untuk menumis
  • 50 gram bihun, rendam air panas sampai matang, kemudian tiriskan
  • 1 btr telur ayam rebus. Potong kecil-kecil. Sisihkan

Cara membuat :

Tumis bawang merah sampai layu kemudian masukan kentang dan wortel. Tambahkan saos tiram, kaldu blok dan air. Aduk-aduk sampai kaldu meleleh. Masukan bihun, tambahkan lada, garam dan gula. Aduk-aduk sampai semua bumbu merata. Angkat dan dinginkan.

Bahan-bahan kulit pastel renyah :

  • 250 gr tepung terigu
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt gula pasir
  • 30 ml minyak goreng
  • 50 gr mentega
  • 80 ml air

Cara membuat :

Campurkan tepung terigu, garam dan gula pasir kemudian aduk hingga rata. Sisihkan. Lelehkan mentega dan minyak goreng dengan microwave, bisa juga dilelehkan diatas api. Kemudian masukan ke adonan tepung terigu tadi. Tambahkan air, aduk sampai adonan tidak lengket di tangan. Diamkan selama 15 menit.

Cara membuat pastelnya :

Ambil sedikit adonan, bentuk bulatan kemudian giling sampai tipis. Adonan kulit ini tidak mudah putus atau sobek jadi bisa dibuat setipis mungkin. Masukan 1 sdm isian pastel, tambahkan telur rebus kemudian tutup dan pilin-pilin pinggirnya (untuk tahap ini gw masih belum lulus hihii..). Goreng hingga warna berubah kecoklatan. Pastel dengan kulit renyah siap dihidangkan.

Nah! Gampang kan cara bikinnya, ga perlu pake ulek-ulek bumbu segala. Isian pastel juga bisa diganti sesuai selera, selama kulitnya renyah pastel isi apapun pasti akan tetap enak 🙂 Selamat mencoba.

Advertisements

8 Comments (+add yours?)

  1. thewifeyscorner
    Jan 10, 2016 @ 09:45:51

    Salam kenal yah Mbak Diah, pastel nya nampak enak nih. Rajin banget bikin pastel sampai kulit nya lagi. Thanks for sharing yah, kumpulin semangat dulu untuk bikin one day hehehe xx lina

    Like

    Reply

    • Diah
      Jan 10, 2016 @ 11:23:30

      Haii Lina, salam kenal juga 🙂
      Pastel yang aku bikin rasanya lebih enak daripada penampakannya looh hihii… Kalo gak dirajinin bikin pastel ya mesti nunggu pulang ke Jakarta buat bisa makan pastel, gak kuku kelamaan book 😀 Ayo dicoba dan dishare hasilnya

      Liked by 1 person

      Reply

  2. resep ramadan
    Jun 06, 2016 @ 07:22:27

    hai mbak dian yang jauh sekali di negeri finlan…
    selamat menunaikan ibadah ramadan yah bila menjalankan..

    nyari resep buat berbuka, pengin makan pastel pakai sambel kacang..
    hehehehehehe

    resep pastel mbak dian boleh aku icip yah..
    btw aku juga dapet link isian pastel ikan tuna.
    aneh baru liat juga pastel isi tuna, barangkali buat nambah-namabah referensi
    mba dian juga..

    happy cooking.. happy share..

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

January 2016
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d bloggers like this: