Ystävänpäivän Juhla

Kalo di negara lain tanggal 14 Februari dikenal dengan Valentine’s Day, tidak demikian dengan di Finlandia. Di sini tanggal 14 Februari dikenal dengan sebutan ystävän päivä atau hari persahabatan.

Perayaannya sendiri mirip dengan perayaan hari kasih sayang di Indonesia yang identik dengan coklat.

Berhubung tanggal 14 Februari jatuh pada hari Minggu jadi sekolah tempat gw belajar bahasa mengadakan ystävänpäivän juhla (perayaan hari persahabatan) pada hari Jumat tanggal 12 Februari 2016. Pada perayaan ini, seluruh murid modul 1 digabung dalam satu ruangan dan kami merayakan dengan memakan chips, permen dan coklat!

635908948897389922635908949106278947

Perayaan dimulai dengan pembagian kelompok berdasarkan potongan gambar yang dibagikan secara acak pada tiap murid. Kemudian diakhiri dengan dansa. Sayangnya gw ga kepikiran buat ambil foto ketika para guru dengan semangat 45 pada dansa di depan kelas tanpa malu-malu atau jaim. Beda dengan di Indonesia yang masih ada kesenjangan yang jauh antara guru dengan murid, di Finlandia kesenjangan antara murid dengan guru sangat tipis. Artinya murid berhak menyuarakan pendapatnya apabila tidak setuju dengan pernyataan guru. Gak ada istilah yang menyatakan bahwa guru selalu benar. Mungkin ini salah satu yang menjadikan anak-anak di sini kritis akan segala sesuatu.

Duh, jadi kebablasan oot deh. Daripada terus membandingkan mendingan gw sudahin postingan kali ini dengan mengucapkan (telat dikit gpp lah ya..) “hyvää ystävän päivä kaikille…” bahasa indonesianya : selamat hari persahabatan, semuanya 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

February 2016
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
29  
%d bloggers like this: