Belajar Bahasa Finlandia Yuk!

Bahasa finlandia dikenal sebagai salah satu bahasa paling sulit untuk dipelajari. Dan memang kenyataannya bahasa ini sangat menarik dalam artian diperlukan usaha ekstra keras untuk mempelajarinya. Seseorang yang tinggal bertahun-tahun di negeri ini belum tentu menguasai bahasanya. Gw sendiri hampir 2 tahun berjuang untuk dapat menguasai bahasa ini tapi dalam skala 1 sampai 10, sepertinya gw masih berada di skala 5. Sedih 😦 Ada juga loh mantan temen kerja yang sudah tinggal disini selama 12 tahun tapi masih belum bisa berkomunikasi dalam bahasa finlandia! Belum tersedianya lembaga kursus untuk mempelajari bahasa ini di Indonesia menyebabkan pelamar visa atau residence permit tidak perlu melampirkan sertifikat kemampuan bahasa seperti pada negara Jerman, Belanda atau Perancis. Tapi akibatnya banyak orang buta akan bahasa finlandia.

4kqmzdr

Dalam bahasa finlandia, satu kata bisa berubah menjadi 15 bentuk dengan artian yang berbeda. Gak seperti bahasa inggris yang ketika membentuk sebuah kalimat bentuk kata-katanya tidak akan berubah kecuali pada bentuk lampau , pada bahasa finlandia bentuk kata dasar akan selalu berubah mengikuti bentuk kalimat. Sebagai contoh pada kalimat berikut :

Saya akan pergi ke toko malam ini.

Dalam bahasa inggris “I will go to the shop this evening.”

Dalam bahasa finlandia “Minä menen kauppaan tänä iltana.”

Menen (pergi/akan pergi) merupakan hasil perubahan dari bentuk kata dasar mennäyang artinya ‘pergi’ dan kauppaan (ke toko) mempunyai bentuk dasar kauppayang artinya ‘toko’.

Tapi tenang, disini gw ga akan mengajarkan kalimat yang kompleks seperti diatas. Disini gw hanya akan menulis beberapa kalimat dasar yang sering digunakan. Huruf pada bahasa finlandia merupakan abjad latin dengan tambahan huruf ö, ä, å. Namun khusus untuk abjad å jarang digunakan kecuali pada ejaan bahasa swedia (finlandia mempunya 2 bahasa resmi yaitu bahasa finlandia dan swedia).

Okeii langsung aja di bawah ini beberapa kalimat sehari-hari yang dapat dipelajari oleh pemula 🙂

Minä        saya

Sinä        kamu

Hän        dia

Me        kami

Te        kalian

He        mereka

Kiitos        terima kasih

Hyvää huomenta        selamat pagi

Hyvää päivää        selamat siang

Hyvää iltäpaivää        selamat sore

Hyvää iltaa        selamat malam

Hyvää yötä        selamat malam — hanya diucapkan sebelum seseorang pergi tidur atau bisa juga ucapan perpisahan pada malam hari.

Hyvää ruokahaluaa        selamat makan

Hyvää matkaa        selamat ngetrip

Kauniita unia        mimpi indah

Minä rakastan sinua        saya cinta kamu

Minä tykkään sinusta        saya suka kamu

Minä kaipaan sinua        saya kangen kamu

Paljonko kello on        jam berapa sekarang

Untuk yang berniat mempelajari bahasa ini lebih jauh, pada link berikut terdapat beberapa link untuk belajar secara online bagi pemula http://www.infopankki.fi/en/living-in-finland/finnish-and-swedish/finnish-online

Pelafalan bahasa finlandia sama seperti pada bahasa indonesia kecuali pada abjad berikut : y, ö, ä, å. Pada kata dimana terdapat huruf yang dobel diperlukan penekanan apabila huruf tersebut merupakan konsonan dan dibaca sedikit lebih panjang apabila huruf yang dobel merupakan huruf vokal.

Contoh :

koti (rumah) dibaca : koti ; tidak ada penekanan

puu (pohon) dibaca : puuuu ; huruf u dibaca lebih panjang

jääkaappi (kulkas) dibaca : yäääkaaapppi ; pada huruf ä dan a dibaca lebih panjang dan terdapat penekanan pada huruf p.

Untuk berlatih pelafalan alfabet finlandia dapat menggunakan video berikut :

Kalau ada kata atau kalimat yang mau ditanyakan boleh meninggalkan komen di bawah dan akan gw jawab sebisa mungkin asal jangan susah-susah yah 😛

23 Comments (+add yours?)

  1. adriana
    May 04, 2016 @ 07:53:22

    halo diah.. salam kenal ya.. aku ayu. aku tertarik utnuk melanjutkan kuliah s2 d finlandia. kira2 kalau aku ambil komunikasi dan univ yg bisa apply dengan mudah dmn ya?? siapa tahu kamu punya nama2 univ yang rekomended bgt.. hehhe makasih yaaa

    Like

    Reply

    • Diah
      Aug 09, 2016 @ 07:49:28

      Halo Adriana,

      Duh kalo rekomendasi gw kuper kayaknya 😛 Tapi disini semua universitas sama rata kok kualitasnya jasi gak perlu kuatir 🙂

      Like

      Reply

  2. astiitah.as
    Jun 14, 2016 @ 08:43:51

    Itu kalo dalam bahasa FInland, ada grammar juga gak mbak kayak bhs INggris? atau sesuai EYD kayak bahasa Indo hehehe

    Like

    Reply

    • Diah
      Aug 09, 2016 @ 08:11:18

      Grammar dalam bahasia finlandia jauh lebih kompleks dibanding bahasa inggris *mewek*

      God bless bahasa indonesia yang gak ada penggunaan grammar!

      Like

      Reply

  3. mellyloveskitchen
    Jul 27, 2016 @ 11:34:10

    wah 1 kata bisa sampai 15 arti, banyak banget ya. Yang membedakan intonasinya kah?

    Like

    Reply

    • Diah
      Aug 09, 2016 @ 08:24:00

      Kalau yang membedakan intonasi aku bersyukur banget deh, sayangnya yang membedakan itu ya bentuk katanya sendiri. Contoh kata ‘minä'(saya) bisa berubah bentuk menjadi ‘minun'(milik saya), ‘minulta'(dari saya), ‘minulle'(untuk saya)

      Like

      Reply

  4. Citra
    Nov 25, 2016 @ 06:15:46

    Hai diah, aku punya rencana mau lanjut s2 di finland/swedia dan mau tanya km selama study di sana pakai beasiswa atau gmn? Tau ga univ2 mana aja yg menyediakan beasiswa utk mahasiswa internasional?

    Like

    Reply

    • Diah
      Dec 16, 2016 @ 16:41:47

      Halo juga Citra, aku apply uni itu 2 tahun yang lalu (tapi gak lolos T_T) waktu itu semua univ masih menggratiskan semua programnya jadi beasiswa gak dibutuhkan. Tapi untuk sekarang kamu bisa cari info beasiswa dengan mengunjungi website universitas yang kamu pilih

      Like

      Reply

  5. Annisa
    Jan 12, 2017 @ 11:51:35

    Halo diah,aku nisa.. aku rencana pertengahan tahun nanti mau skolah ke fl, kmu dulu blajar bhs suomi drmana ya?kira2 di indo sendiri ada ga ya utk les intensif bahasa suomi gtu..ditunggu jawabannya thank u!😃

    Like

    Reply

  6. acepmuhlis
    Feb 06, 2017 @ 16:00:22

    Halo ka diah..
    Ka saran bikin group buat belajar Bhs Finlandia dong ka.. Saya juga ada rencana lanjut S2 di Helsinki..
    Via whats app ka kalo berkenan bikin group belajar bahasa finlandianya biar lebih bertambah ilmu ka diahnya.. Hehhee..

    Like

    Reply

    • Diah
      Feb 10, 2017 @ 15:39:01

      Halo juga Acep. Wah aku pingin banget bisa bantuin yang kepingin belajar tapi saat ini jadwalku masi padat banget karena aku masi studi dan bekerja juga udah gitu sampe rumah disibukkan sama pekerjaan rumah tangga *curhat* so whatsapp agak susah tapi mungkin live video lebi gampang tapi aku akan update lagi nanti yah

      Like

      Reply

  7. Inriyani
    Feb 08, 2017 @ 09:55:48

    Hai kak Dian! Di finland dimana kak?
    Aku nanti bakalan tinggal di Pori. Wahh senang sekali kalo bisa ketemu kak Dian disana.

    Salam kenal, Inri 🙂

    Like

    Reply

    • Diah
      Feb 10, 2017 @ 15:41:37

      Hello Inri!! Waw kamu kapan datang ke Finlandianya? Aku tinggal di Kuopio sekitar 300 km dari Pori. Boleh banget kalo mau ketemuan ngopi bareng atau jalan-jalan bareng juga bolehh

      Like

      Reply

  8. sylvithachandra
    Feb 11, 2017 @ 11:30:29

    Aku rencananya mau kuliah di finland, tapi takut banget karena bahasa nya sama sekali gk tau. Disana orang orang nya berbahasa inggris gk ya kak???

    Like

    Reply

  9. grctsy
    Mar 04, 2017 @ 00:14:15

    Bagaimana dengan mahasiswa internasional disana ka? belajarnya pake bahasa finlandia atau inggris?

    Like

    Reply

  10. priscillacinta06
    Mar 06, 2017 @ 11:07:59

    nanya dong saya mau masuk kuliah jurusan kedokteran disana Kira kira ada recomended dan sy harus nyiapin apa? rencana di finlandia

    Like

    Reply

    • Diah
      Mar 14, 2017 @ 18:53:06

      Disini semua universitas sama bagusnya. Tapi kalo mau dapat kesempatan masuk lebih besar lebih baik pilih universitas yang bukan di ibukota (Helsinki)

      Like

      Reply

Leave a Reply

April 2016
M T W T F S S
« Mar   Aug »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
