Tipe Rumah di Finlandia

Penasaran gak  sama tipe-tipe rumah di Eropa? Bener gak semua rumah itu selalu seperti yang kita lihat di TV, rumah besar dengan pekaran yang luas dan dikelilingi rumput hijau? Penasaran kan…

Secara umum tipe rumah di Eropa itu mirip antara negara satu dengan lainnya. Kebalikan dengan Jakarta, di Eropa harga apartemen lebih murah dibanding rumah dengan pekarangan. Apartemen di Eropa juga berbeda dengan Jakarta yang didalamnya terdapat banyak fasilitas untuk memanjakan penghuninya. Menurut gw, apartemen disini lebih mirip dengan rumah susun tapi tentunya dengan penataan yang jauh lebih rapi dan bersih. Tinggi gedungnya pun gak ada yang setinggi gedung pencakar langit, rata-rata apartemen hanya memiliki 5 lantai. Di Eropa juga ada sistem sewa rumah loh, bagi yang mau praktis dan dana terbatas sistem sewa bisa jadi pilihan. Kenapa lebih praktis? Karena dengan menyewa, kita akan dibebaskan dari iuran-iuran bulanan pemeliharaan lingkungan dan tidak diperlukan melakukan renovasi ataupun dibebankan biaya penggantian pipa air yang hukumnya wajib (di Finlandia antara 20-50 tahun sekali tergantung kondisi pipa).

Di Finlandia sendiri terdapat beberapa variasi tipe rumah tinggal, di bawah ini akan gw jabarkan satu persatu beserta ilustrasinya.

Kerrostalo

DSC_2189

Kerrostalo atau apartemen merupakan pilihan yang cocok bagi yang ingin tinggal di pusat kota dengan harga terjangkau. Terdapat banyak tipe kerrostalo dari mulai tipe studio yang cocok bagi para single sampai yang dilengkapi dengan banyak kamar tidur, ruang kerja, dan sauna.

Paritalo 

paritalot102ja60_01

Pada tipe ini terdapat 2 rumah yang berdempetan dengan pekarangan masing-masing. Bentuk rumah bervariasi dari yang terdiri hanya satu lantai sampai dengan 3 lantai.

Rivitalo

img2650438272806783032

Kalo paritalo dalam satu bangunan hanya terdapat 2 rumah, pada tipe rivitalo terdapat beberapa rumah dalam satu bangunan, dan dalam satu kawasan terdapat banyak bangunan yang berderet memanjang.

Luhtitalo

ta432_1_20160126122516

Tipe ini sama seperti rivitalo, bedanya selain memanjang ke samping bangunan rumah juga dibangun diatas rumah lainnya menjadikan tipe rumah ini tidak memiliki pekarangan pribadi.

Omakotitalo

gal1isr

Dibandingkan dengan tipe lainnya, omakotitalo mmpunyai harga jual yang paling tinggi karena tipe ini merupakan bangunan dengan satu rumah tinggal tanpa berdampingan dengan tetangga, seringkali tipe ini dilengkapi juga dengan bangunan tambahan lainnya yang berfungsi sebagai gudang atau garasi mobil.

Mökki

mkki-ja-uimarit-rannassa

Mökki merupakan kabin tempat tinggal sementara selama musim panas atau bisa juga disebut sebagai kabin musim panas (kesämökki). Biasanya mökki terletak jauh dari hiruk pikuk kota, dikelilingi oleh hutan dan terletak dekat dengan danau.

Udah gak penasaran lagi kan sekarang sama tipe-tipe rumah di Eropa? Tipe rumah di sini memang jauh lebih beragam dibanding di Indonesia karena disesuaikan dengan kebutuhan penghuninya serta budget karena rumah yang memiliki pekarangan pribadi sudan tentu lebih mahal harga jualnya. Namun beberapa orang juga ada yang memilih kerrostalo sebagai tempat tinggal karena tidak mau direpotkan dengan perawatan pekarangan rumah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

April 2016
M T W T F S S
« Mar   Aug »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
%d bloggers like this: