Olahraga Musim Dingin di Finlandia

Musim dingin bukan berarti kita bisa pause segala aktifitas seperti sekolah, bekerja atau olahraga. Bukan berarti juga kita bisa sembunyi dibalik selimut seharian. Bagi pecinta olahraga outdoor (tentunya bukan gw!) gak perlu kebingungan kalau gak bisa olahraga diluar rumah ketika musim dingin juga. Disini gw akan jabarkan olahraga yang umum dilakukan pada saat musim dingin di negara Finlandia. More

Cerita Diah Goes To YouTube!!

Berhubung akhir-akhir ini gw susah nemu waktu untuk nulis, sedangkan pikiran gw udah sibuk mau cerita buanyak banget ke kalian tentang hal-hal menarik yang terjadi di sekitar gw selama masa gw absen, akhirnya muncul ide untuk bikin vlog.

Untuk bikin vlog itu gw gak perlu sediain waktu khusus karena bisa dilakukan dimana aja dan bercerita langsung itu lebih gampang loh daripada menyampaikan lewat tulisan, ya gak?!  More

Tipe Rumah di Finlandia

Penasaran gak  sama tipe-tipe rumah di Eropa? Bener gak semua rumah itu selalu seperti yang kita lihat di TV, rumah besar dengan pekaran yang luas dan dikelilingi rumput hijau? Penasaran kan…

Secara umum tipe rumah di Eropa itu mirip antara negara satu dengan lainnya. Kebalikan dengan Jakarta, di Eropa harga apartemen lebih murah dibanding rumah dengan pekarangan. Apartemen di Eropa juga berbeda dengan Jakarta yang didalamnya terdapat banyak fasilitas untuk memanjakan penghuninya. Menurut gw, apartemen disini lebih mirip dengan rumah susun tapi tentunya dengan penataan yang jauh lebih rapi dan bersih. More

Kuopio, Winter 2015

Foto-foto ini gw kumpulkan selama musim dingin mulai akhir 2015 sampai hari ini di bulan Februari 2016. Lokasi pengambilan : Kuopio, Finlandia. More

Image

Pengalaman Pertama Pada Suhu -24 °C

Mau tau bagaimana rasanya berada di suhu -1 °C?

Gak sedingin yang kamu kira kok :’) Buktinya gw bisa survive diluar hanya dengan pakaian musim panas dalam rangka melakukan challenge dari Janne. Tapi, -ada tapinya yahh- dengan catatan gak lebih dari 5 menit hehee.. More

Cerita Hari Ini

Ada seorang nenek yang menarik perhatian gw ketika segerombolan orang tua menaiki bus yang gw tumpangi siang ini. Adalah seorang nenek difabel yang sama sekali tidak terlihat minder atau ketergantungan pada orang lain. Pemandangan kaya gini sebenernya sih udah biasa, kumpulan nenek atau kakek renta yang berjalan-jalan tanpa ditemani anak atau asisten, atau bahkan kaum difabel yang hanya mampu menggerakan jemarinya yang hilir mudik di jalan dengan kursi roda elektrik juga sudah menjadi pemandangan biasa. Waktu baru tiba di Kuopio tahun lalu, gw suka terheran-heran kemanakah keluarga para kakek-nenek renta atau kaum difabel itu? More

Jadi Imigran di Finlandia? Siapa Takut!

Pertama kalinya gw denger kata imigran ini waktu masih duduk di bangku sekolah dasar, ada satu mata pelajaran yang gw lupa pelajaran apasih mengajarkan tentang imigrasi dan emigrasi. Buat merefresh ingatan kembali imigrasi adalah perpindahan penduduk dari negara asalnya ke negara lain untuk menetap dalam jangka waktu yang panjang atau bahkan secara permanen. Sedangkan imigran adalah orang yang melakukan perpindahan tersebut. More

Liburan Musim Panas di Rauhalahti Holiday Home

Musim panasnya orang Finlandia gak afdol tanpa liburan ke kesämökki atau kabin musim panas. Umumnya kesämökki milik pribadi terletak di luar kota, di tengah-tengah hutan jauh dari hiruk pikuk dan jalan raya. Gak mau ketinggalan, musim panas kali ini gw juga ikutan berlibur di tengah hutan bareng Janne dan para krucil. Sebenernya dari mulai awal tahun Janne udah bikin rencana untuk liburan ke kesämökki milik keluarganya yang terletak sekitar 300 km dari Kuopio. Tapiiii…berhubung ini negara kulkas yang suhu rata-rata di musim panas tetep dingin More

Kesempatan Tinggal di Luar Negeri Melalui Program Au Pair

Seperti kata pepatah “banyak jalan menuju Roma”, terdapat banyak jalan juga bagi pemuda-pemudi Indonesia yang pingin ngerasain tinggal di luar negeri. Kita udah sering dengar cara yang paling familiar adalah dengan mendapatkan beasiswa untuk bersekolah di luar negeri. Bagi mereka dengan finansial yang bagus malah dapat bersekolah di luar negeri tanpa beasiswa. Lalu bagaimana dengan mereka yang kurang beruntung tidak bisa mendapatkan beasiswa dan tidak mampu mendanai biaya sekolah serta biaya hidup yang tinggi namun tetap ingin merasakan tinggal di luar negeri? Program Au Pair mungkin bisa jadi jawaban yang tepat. Istilah Au Pair mungkin masih asing bagi kebanyakan orang Indonesia. Apa sih Au Pair? More

Budaya Sauna di Finlandia

Sauna sudah menjadi bagian dari kebudayaan orang Finlandia sejak jaman dahulu kala. Malah menurut Wikipedia budaya ini mulai berkembang sejak abad ke-16. Saat ini sauna sudah menjadi kebutuhan pokok orang Finlandia, dimana biasanya dapat ditemukan dalam rumah-rumah pribadi, gedung apartemen bahkan di kolam renang umum. Sepertinya budaya ini dipengaruhi oleh suhu rata-rata yang dingin sepanjang tahun. Meskipun nyatanya sauna tidak hanya populer saat musim dingin saja, sauna juga populer selama musim panas. More

Previous Older Entries

June 2017
M T W T F S S
« Mar    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930