Home Made Pancake Tanpa Bantet

Semenjak tinggal di Finlandia gw jarang banget beli cemilan dari restoran atau kafe karena harganya yang bisa bikin bangkrut mendadak. Ga mendadak sih, cuma pelan-pelan bikin bangkrutnya 😀 Waktu di Jakarta cemilan favorit gw salah satunya adalah Pancake-nya Pancious Restaurant atau Cuppa Coffee. Di Finlandia, gw mesti bikin sendiri kalau lagi pingin makan cemilan-cemilan yang dulu gampang banget didapetin waktu masih di Jakarta, dengan harga yang terjangkau pulak! Dari mulai pisang goreng, bolu chiffon, muffin, chocolate cake, sampai pancake semua gw bikin sendiri sekarang. Khusus untuk pancake dapatin resep yang bisa bikin pancake gak pake bantet itu gampang-gampang susah. Ada beberapa resep yang gw dapetin dari hasil googling dan gw coba satu persatu. Hampir semua resep yang gw coba bisa dibilang gagal karena gw masih belum bisa dapetin pancake yang gw mau. Sampai akhirnya gw nemu satu resep ini dan gw coba. Hasilnya…luar biasa! Akhirnya pancake yang gw idam-idamkan dan jadi favoritnya host family dan Janne sampe sekarang. Cara bikinnya gampang banget, berikut resepnya;

Bahan-bahan

  • 1 1/2 cup tepung terigu
  • 3 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 1/4 cup susu cair
  • 1 btr telur
  • 3 sdm butter, lelehkan

Cara membuat :

  • Campurkan tepung terigu, baking powder, garam dan gula dalam mangkuk besar. Buat lubang seperti sumur di tengah adonan kemudian tuangkan susu, telur dan butter yang sudah dilelehkan. Kocok hingga adonan lembut.
  • Panaskan margarine atau butter dalam wajan anti lengket dengan tingkat kepanasan medium.Tuang adonan sebanyak kira-kira 2 sendok sayur per pancake. Masak hingga kecoklatan di kedua sisinya.

Gampang kan…bikin adonannya sendiri ga nyampe 15 menit kok. Yang perlu diinget masak pancakenya dengan api kecil ya atau pakai tingkat kepanasan medium. Gw biasanya pake butter untuk goreng pancakenya karena suka aromanya yang wangi. Dan untuk penyajiannya bisa ditaburin gula pasir atau pake selai.

Dan ini hasil pancake bikinan gw..tarraaa…

Leave a comment

March 2015
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031