Tips Traveling On A Budget

Yang masih berfikir kalo traveling ke luar negeri itu mahal hayo coba tunjuk tangannya! Percaya gak kalo traveling itu gak harus mahal? Di tulisan kali ini akan gw kasih bocoran bagaimana cara menekan budget ketika traveling, tips mencari tiket promo, hotel tempat menginap bahkan transportasi pindah kota jika kalian berencana explore suatu negara.

Pertama-tama dan yang terpenting dalam menekan budget ketika traveling adalah jangan menggunakan jasa tour agent. Dengan menghindari layanan agen kamu bisa berhemat sampai dengan 50% dari harga penawaran dari agen. Beberapa hari lalu kolega di tempat praktek kerja gw baru pulang dari liburan di Spanyol selama satu minggu. Pingin tau berapa biaya yang dia bayarkan ke tour agent untuk liburannya tersebut, yang didalamnya termasuk tiket pesawat pulang pergi dan hotel dengan sarapan? Biayanya adalah 900€/orang!! Itupun gak termasuk tur keliling kota apalagi kunjungan ke tempat wisata lain. Kalo menurut kalian harga segitu wajar untuk standar liburan di Eropa, menurut gw gak wajar. Sebagai perbandingan summer tahun lalu gw liburan di Paris yang biaya hidupnya lebih besar jika dibandingkan dengan kota-kota di Spanyol bersama Janne, Tuuli dan Jonni dan kami hanya menghabiskan 1600€ (termasuk tiket pesawat PP, tiket metro, sewa apartemen dengan 2 km tidur, tiket Eiffel Tower, tiket masuk Disneyland dan sewa hotel family room di Helsinki sebelum balik ke Kuopio).

Penasaran kan gimana caranya gw menekan budget minimal dengan hasil yang maksimal hehehee… *nyengir*

Di bawah ini akan gw kupas tuntas semua tips dan trik yang udah gw lakukan berdasarkan pengalaman pribadi. Cekidot!

Pertama, cari informasi tentang kota/negara tujuan. Untuk bisa bikin trip planner serta mengetahui pilihan transportasi yang dibutuhkan kita harus mengetahui wisata apa saja yang terdapat disana, dimana lokasinya, serta jika berniat untuk explore maka kita harus mengenal peta negara tujuan juga. Biasanya gw mendapat informasi berguna dari travel blogs yang gampang ditemui di internet dengan bantuan mbah Google. Kemudian dengan menggunakan Google map gw bisa mempelajari kota tujuan, dan negara-negara tetangga yang mungkin dapat dikunjungi juga.

Kedua, bikin trip planner yang nantinya akan kita isi dengan segala akomodasi, transportasi lengkap dengan harganya. Berikut ini adalah contoh trip planner yang biasanya gw siapin sekitar 5 bulan sebelum keberangkatan.

trip-planner

Ketiga, cek harga tiket pesawat. Website favorit gw untuk compare harga tiket pesawat adalah momondo, sedangkan untuk negara tujuan Eropa gw juga selalu mampir ke websitenya maskapai Ryan Air yang harganya murah gila! Percaya gak kalo tahun lalu ketika ke Budapest gw beli tiket pesawat Ryan Air cuma seharga 26€ atau 400ribuan rupiah ajaa. Sayangnya Ryan Air hanya terbang dari bandara Tampere di Finlandia yang jaraknya jauuuuuhh dari tempat tinggal gw, destinasinya juga gak banyak. Maskapai murah akan mencharge ekstra untuk bagasi, bawalah ransel jika hanya traveling sebentar, jika harus membawa koper belilah hanya satu bagasi yang dapat dipakai bersama-sama ketika bepergian dalam group.

Keempat, cari penginapan murah. Tiga hal yang budgetnya bisa ditekan habis-habisan ketika traveling adalah : tiket pesawat, biaya penginapan, dan biaya makan. Tempat menginap gak perlu selalu di hotel. Untuk solo traveler gw sangat merekomendasikan dorm room di hostel. Selain harganya murah, lokasi bagus, kamu juga bisa berinteraksi dengan travelers lain. Gw banyak dapat kenalan dari menginap di hostel ketika traveling sendirian, bahkan ada satu traveler dari Jepang yang sampai sekarang masih kontak. Sedangkan untuk pasangan atau keluarga bisa menginap di hotel, guesthouse, B&B, atau Airbnb. Situs favorit gw untuk sewa hotel/guesthouse adalah Booking.com. Bagi yang tertarik untuk sewa kamar atau apartemen dari warga lokal (gw rekomendasikan terutama buat keluarga) bisa coba cari lewat situsnya Airbnb. Selain harganya bersaing dengan harga sewa hotel, pada Airbnb juga terdapat dapur dimana kamu bisa memasak dan lagi, berhemat dalam makan. Gw sendiri dalam mencari penginapan lebih suka yang lokasinya dekat dengan pusat kota atau setidaknya dekat dengan stasiun metro untuk memudahkan dalam bepergian.

Kelima, batasi kunjungan ke tempat wisata berbayar. Atau belilah tiket secara online untuk menghindari antrian dan (jika beruntung) mendapatkan diskon. Gw jarang mengunjungi tempat wisata berbayar ketika traveling, biasanya gw akan beli tiket on the spot apabila menemukan tempat wisatanya menarik dan layak dikunjungi.

Keenam, perbanyaklah jalan kaki. Cuma dengan berjalan kaki kalian akan menemukan sudut kota atau wisata tersembunyi yang gak akan ditemui jika kalian selalu menggunakan metro. Dengan berjalan kaki juga kalian bisa berhemat dalam transportasi.

Ketujuh, batasi makan di restoran. Belilah roti di supermarket untuk sarapan jika tidak mendapat sarapan di tempat menginap. Kamu juga bisa membawa mie instan untuk jaga-jaga kalau malas keluar saat makan malam, lagi-lagi ini juga berguna dalam berhemat.

Itu dia tujuh poin penting dalam menekan budget ketika traveling. Kalo kamu berencana untuk explore dari satu kota ke lainnya atau bahkan ke negara lain kamu bisa cek pilihan transportasinya beserta harga di situs rome2rio atau wanderio. Pertimbangkan juga untuk membeli simcard lokal ketika bepergian ke luar negeri setidaknya dalam waktu 1 minggu supaya bisa tetap terkoneksi dengan internet. Beberapa orang cukup dengan membawa peta namun gw lebih suka menggunakan GPS atau google map.

Dengan mengaplikasikan tips dari gw dijamin traveling kamu yang selanjutnya gak akan over budget. Share pengalamanmu kalo pernah traveling on a budget juga biar kita saling berbagi info 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

December 2016
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d bloggers like this: