Jakarta – Kuopio

Di Finland gw tinggal sama host family di kota Kuopio, 4 jam dari ibukota Helsinki. Bulan pertama gw nyampe sini banyak banget hal baru yang sebelumnya belum pernah gw lakuin selama tinggal di Jakarta. Berikut fakta menarik yang gw dapet selama gw tinggal di sini :

  1. Pas summer setiap orang lokal pasti selalu beraktifitas di luar. Entah itu berjemur, gardening, olahraga, main di taman de el el. Berhubung gw masih mental orang Jakarta yang anti panas panasan karena takut warna kulit (tambah) gelap, gw justru lebih banyak ngabisin waktu di dalem rumah. Ngapain juga ya bo panas panasan di bawah terik matahari, keringetan, iyuuh..!!
  2. More

Hijrah 6252 Miles

Ga terasa udah hampir 4 bulan gw hijrah ke negara kulkas (baca : Finlandia). Dulu gw pikir gw ga bakal tahan sama suhu dibawah 22 derajat, secara waktu di Jakarta patokan pake AC ya bo! Masih inget dulu gw selalu sedia sweater atau jaket tebel di kantor jaga jaga kalo dingin melanda. Ga nyangka kalo ternyata gw yang tropical ini mampu bertahan di suhu -4 derajat!! Pertama gw hijrah kemari, untungnya lagi summer. Meskipun summernya aja masih lebih adem dibanding Jakarta tapi masih acceptable lah. Summer di sini suhunya sekitar 25 – 30 derajat. More

November 2014
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930