Musim Gugur Rasa Musim Dingin di Finlandia

Meneruskan tentang kebiasaan orang Finlandia yang selalu beraktifitas di bawah terik matahari pas summer di post gw sebelumnya, di sini gw bakal menjelaskan penyebab kebiasaan tersebut, menurut pemikirin gw sih sebagai pendatang yang ngalamin banyak pengalaman baru untuk pertama kalinya.

Kembali ke bulan Juli kemarin pas gw pertama nyampe Finlandia, matahari terbit sekitar jam 4 pagi dan baru terbenam sekitar jam 1 malam.Dengan waktu terang yang panjang dan suhu yang hangat pas summer itu, orang lokal akan lebih banyak beraktifitas di luar bahkan tengah malem sekalipun! Dan waktu terbit dan tenggelamnya matahari ini setiap hari selalu berubah sampai nantinya hanya akan terbit selama beberapa jam saja, atau bahkan kurang dari beberapa jam pas musim dingin.

Musim gugur di mulai pas minggu terakhir bulan September. Suhu ada di kisaran 10 derajat. Pada musim ini, pemandangan yang tadinya hijau dari daun daun pepohonan berubah jadi pemandangan warna warni dari warna daun yang berubah sebelum gugur sampai akhirnya hanya tersisa batang pohonnya aja.

Kondisi jalan saat musim gugur

Foto diambil sekitar 2 minggu pertama musim gugur. Warna daun di pohonnya sudah berubah jadi merah dan bebrapa sudah berguguran.

Tahun ini, salju pertama turun di awal musim gugur. Dan gw baru tau ternyata salju itu bentuknya seperti kristal yang kecil gitu. Ini ilustrasi bentuk sebenarnya yang pernah gw lihat

[x031224a130[4].jpg]

Sebenernya masih banyak bentuk lain kalo gw baca di internet tapi gw ga seteliti itu perhatiin tiap bentuknya karena itu kecil banget ya boo…buat liatnya aja mata gw sampe sakit.

Hujan salju pertama gw. Yayy…. *lari-larian di jalan*

Di musim gugur, suhu terus turun sampai akhirnya ada di kisaran 1 derajat di akhir musim gugur. Meskipun kadang bisa sampe -3 derajat. Dan sekali lagi gw merasa beruntung datang ke sini pas summer jadi kondisi badan gw pun pelan pelan bisa menyesuaikan sama suhu yang dingiiiin itu.

Danau Valkeisenlampi di akhir musim gugur yang udah mulai beku. Bandingin sama foto di bawah yang diambil pas musim panas.

Oh..how i miss summer banget pokoknya. Di pertengahan musim gugur ini, matahari mulai jarang banget nongol. Pokoknya pemandangan serasa suram, langit abu abu, dan pernah jarak pandang cuma sekitaran 10 meter aja karena berkabut. Pengalaman gw, kondisi cuaca yang begini  mempengaruhi mood banget, jadi rasanya tuh bete aja bawaannya. Jadi mesti pinter pinter menyibukkan diri dengan aktifitas yang bikin hepi lagi. Pergi ke bioskop misalnya….atau makan makanan enak yang jarang ditemuin di Kuopio ini, jadi sekalinya nemu makanan enak rasanya bahagia sekaliii…

Berdasarkan perubahan kondisi cuaca yang ekstrim itu, gak heran kalo pas musim panas dateng semua orang bener bener menikmati suhu hangat sekaligus sinar mataharinya. Gw pun berasa kangen banget ngeliat matahari dan rasain hangatnya. Masih inget dulu pas di Jakarta gw selalu menghindari sinar matahari. Sekarang gw baru sadar kalo tanpa matahari itu hidup berasa suram.

Advertisements

2 Comments (+add yours?)

  1. princeofborneo
    Jan 01, 2015 @ 08:42:44

    Wah elo beruntung banget bisa berkunjung ke negara Polaris. Berharap gue juga bisa cepat ke sana supaya bisa menikmati siang yg panjang di musim panas. Tapi asal jangan pas puasa aja, hehe…

    Like

    Reply

    • dhee85
      Jan 01, 2015 @ 15:12:56

      Hi…iya sih beruntungnya bisa rasain 4 musim, tapi ga enaknya setelah summer berakhir tuh matahari makin lama makin sebentar munculnya sampe akhirnya jadi barang langka pas winter

      Liked by 1 person

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

December 2014
M T W T F S S
« Nov   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
%d bloggers like this: